Peneliti: Rasa Lelah Karena Berpikir Keras adalah Ilusi yang Diciptakan Otak - GenPI.co
Para peneliti telah menemukan bukti bahwa rasa lelah secara mental karena berpikir keras adalah ilusi yang diciptakan otak. (Foto:

GenPI.co – Para peneliti telah menemukan bukti bahwa rasa lelah secara mental karena berpikir keras adalah ilusi yang diciptakan otak untuk mencegah hal berbahaya terjadi.

Dilansir dari New18, Senin (15/8), hasil penelitian itu dilaporkan dalam laman Current Biology. 

Dikatakan  ketika kerja kognitif yang intens diperpanjang selama beberapa jam, hal itu menyebabkan produk sampingan yang berpotensi beracun menumpuk di bagian otak yang dikenal sebagai korteks prefrontal.

BACA JUGA:  Spesies Aneh dan Langka Sembunyi di Gua Skotlandia

Ini pada gilirannya mengubah kendali atas keputusan, sehingga seseorang beralih ke tindakan yang  tidak memerlukan usaha atau menunggu saat kelelahan kognitif terjadi.

“Teori-teori berpengaruh menyarankan bahwa kelelahan adalah semacam ilusi yang dibuat oleh otak untuk membuat kita menghentikan apa pun yang kita lakukan dan beralih ke aktivitas yang lebih memuaskan,” kata Mathias Pessiglione dari Universitas Pitie-Salpetriere di Paris, Prancis. 

BACA JUGA:  3 Tanda Selingkuh Tipis-tipis! Oh Sungguh Berbahaya

Namun, temuan peneliti menunjukkan bahwa kerja kognitif menghasilkan perubahan fungsional yang sebenarnya  yakni akumulasi zat berbahaya.

“Sehingga kelelahan memang akan menjadi sinyal yang membuat kita berhenti bekerja tetapi untuk tujuan yang berbeda: untuk menjaga integritas fungsi otak,” tambah dia

BACA JUGA:  Kamu Introvert atau Ekstrovert? Perhatikan Gambar ini Baik-baik!

Pessiglione dan rekan termasuk penulis pertama studi Antonius Wiehler ingin memahami apa sebenarnya kelelahan mental. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.