Peluang duet Puan-Anies ada di Tangan Surya Paloh - GenPI.co
Puan Maharani menyaksikan Formula E di Tribun VVIP bersama Presiden Jokowi, Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua MPR Bambang Soesatyo. FOTO: Antara

GenPI.co – Pengamat politik Jerry Massie menilai peluang Puan Maharani berduet dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024 masih terbuka lebar.

Hal itu dapat dilihat dari pertemuan antara Ketua PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

“Paling tidak Puan meminta masukan soal siapa jagoan NasDem, kalau ada kecocokan bisa saja berkoalisi dengan PDIP,” ujar Jerry, di Jakarta, Selasa (23/8).

Menurut dia, pasangan capres dan koalisi masih belum paten, sehingga pintu koalisi masih terbuka lebar.

BACA JUGA:  Kapolri Listyo Sigit Tegas, 24 Personel Nggak Ada Ampun

“Saat ini parpol sedang mencari format baku dan formula yang tepat bahkan sedang mencoba membuka komunikasi politik,” kata Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini.

Menurut Jerry, pertemuan Surya Paloh dan Puan Maharani paling tidak berbicara soal bagaimana menjalin hubungan yang mesra antar-parpol.

“Saya kira wajar kalau terjadi miscommunication antara parpol toh, akhirnya bisa mesra juga.Urusan parpol dalam hitungan detik bisa berubah paradigma,” ucapnya.

Pertemuan itu, kata dia, bisa saja Puan membangun komunikasi politik dengan Surya Paloh.

“Paling ada pesan khusus dari Megawati. Bisa saja PDIP menggandeng NasDem memperkuat koalisi dengan Gerindra,” ujarnya.

Jerry menilai bahwa rakyat dengan gamblang telah melihat gelagat Nasdem yang belakangan terlihat dekat dengan PKS dan Partai Demokrat.

Sementara PDIP terus disorong menyatu dengan Gerindra dan PKB.

Namun, dia melihat menjelang waktu pelaksanaan tahapan penetapan calon peserta Pemilu 2024 dan nomor urut parpol, justru menjadi momentum mencari formula koalisi yang mumpuni.

“Parpol masih memainkan politik dua kaki sampai empat kaki. Kalau nomor urut sudah ada di KPU, itu secara legal standing pilpres sudah sah,” tutur Jerry. (ant)

BACA JUGA:  PDIP Juluki Anies Baswedan Bapak Perubahan Nama

Simak video menarik berikut:

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.