KARANGANYAR, celebrities.id – Kirab obor ASEAN Para Games (APG) ke-11 tiba di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Kedatangan Api Obor ASEAN Para Games 2022 itu diambil dari api abadi Mrapen, Grobogan ini disambut antusias warga masyarakat yang memadati ruas jalan Lawu di Kabupaten yang terletak di kaki Gunung Lawu.

Begitu tiba di Karanganyar, Api obor ASEAN Para Games ini diterima Wakil Bupati Rober Christanto di Masjid Agung Madaniyah. Selanjutnya, api obor ini secara estafet dibawa menuju ke rumah dinas Bupati Karanganyar.

Begitu diterima Wakil Bupati Rober Chirstanto, api dibawa lari dan diserahkan Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yuda Ardhitama.

Seperti halnya Wakil Bupati, Dandim pun secara estafet menyerahkan api obor pada Kepala Kejaksaan Negeri, yang diteruskan pada Ketua Pengadilan Negerin.

Api obor ASEAN Para Games ini kemudian diterusakan pada Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo, yang diteruskan pada Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo. Kemudian, obor diserahkan pada atlet disabilitas berprestasi asal Karanganyar sebelum akhirnya diserahkan pada Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Setelah menerima api obor ASEAN Para Games dari mantan atlet disabilitas asal Karanganyar, Bupati Juliyatmono pun langsung menyalakan api di tempat yang telah disediakan. Api ASEAN Para Games selanjutnya bermalam di Karanganyar, sebelum dibawa menuju ke Kota Solo.

Dengan penuh semangat, Bupati Karanganyar Juliyatmono meneriakan Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games kali ini di Kota Solo. Pekikan Bupati ini pun langsung disambut para atlet yang akan bertanding. 

“Dengan semangat Raden Mas Said, Pangeran Sambernyawa yang dimakamkan di Karanganyar ini, bisa mengantarkan Indonesia menjadi juara umum,” ujar bupati Juliyatmono optimis.

Dalam ASEAN Para Games 2022 ini, Kabupaten Karanganyar termasuk salah lomba untuk cabang olagraga (cabor) Catur yang diperlombakan dalam ASEAN Para Games.

Hadir mendampingi Ketua NPC Indonesia Senny Marbun dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN Para Sports Federation (APSF) Kolonel Dr. Wandee Tosuwan.

Wandee Tosuwan sebut dirinya hadir sebagai Sekjen APSF dan ini suatu keajaiban dan kebanggaan bisa hadir di sini saat ini.

“Apresiasi untuk Pak Senny (Ketua NPC Indonesia) dia sukses membawa Solo ke dunia internasional karena Asean Para Games hanya dalam waktu lima bulan (untuk persiapan),” tuturnya.

APG 2022 yang diselenggarakan di Solo, di mana acara ini diikuti oleh 10 negara, yakni Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Kamboja, Myanmar, Timor Leste, Brunei, Laos, Vietnam.

Editor : Lisvi Padlilah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.