JAKARTA, celebrities.id – Kuliah di luar negeri menjadi impian bagi sebagian besar mahasiswa, termasuk Indonesia. 

Tidak hanya negara-negara di Asia dan Eropa, banyak juga mahasiswa yang berminat untuk menuntut ilmu ke negara-negara di Timur Tengah. Negara mana sajakah itu? Berikut informasi lengkapnya.

Mesir

Mesir bisa dikatakan sebagai negara yang paling banyak dibidik mahasiswa asing untuk menuntut ilmu. Statista menyebut, pada tahun akademik 2019/2020, mahasiswa asing di Mesir memiliki porsi 1,9 persen dari total 3,3 juta mahasiswa di negara itu. 

Salah satu kampus yang menjadi incaran para mahasiswa asing adalah Al Azhar dan Cairo University. Al Azhar masuk dalam jajaran universitas tertua di Mesir, bahkan dunia, lantaran sudah ada sejak tahun 970-an.

Universitas Al Azhar juga menjadi sentral pembelajaran Islam di Mesir dan terbukti berhasil mencetak sederet ulama papan atas dunia. Ada pula Cairo University yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Selain terkenal, kedua universitas tersebut juga menyediakan berbagai macam beasiswa yang dapat diperebutkan mahasiswa asing.

Arab Saudi

Negara Timur Tengah selanjutnya yang menjadi tujuan belajar adalah Arab Saudi. Melansir laman Icef Monitor, jumlah mahasiswa asing di Saudi hingga 2022 diperkirakan lebih dari 100 ribu orang. Universitas favorit yang biasa diincar mahasiswa mancanegara adalah King Abdulaziz University. 

Melansir Okezone.com, universitas ini terletak di Jeddah dan berdiri di tahun 1967. King Abdulaziz University atau KAU memiliki peringkat dunia yang cukup baik, yakni 44. Saat ini, KAU memiliki sekitar 32 ribu mahasiswa dengan 6 ribu mahasiswa asing.

 

Turki

Jika mendengar kata belajar di Turki, maka satu hal yang langsung terlintas di pikiran kita adalah beasiswa. Sebab, Turki sering menjadi pilihan negara bagi mereka yang mengincar program beasiswa ke luar negeri. Contohnya adalah beasiswa Turkiye Burslari, yang menyediakan beasiswa untuk jenjang pendidikan S1 sampai S3. 

Perkiraan pembukaan pendaftaran bagi beasiswa ini adalah bulan Januari sampai Februari setiap tahunnya. Beberapa universitas bergengsi yang bisa dijadikan tujuan studi di Turki adalah Bilkent University, METU (Middle East Technical University), Sabanci University, dan Koc University.

Qatar

Qatar University adalah universitas terbaik di Qatar yang ramai dijadikan target kampus para mahasiswa asing. Bahkan, universitas itu juga berniat membuka cabang di Indonesia, sebagaimana disampaikan oleh Presiden Qatar University Hassan Rashid Al Derhaam ketika bertemu dengan Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan (dilansir dari Okezone, 23 Agustus 2021). 

Fasilitas yang akan diberikan oleh mahasiswa asing yang menuntut ilmu di negara tersebut tentunya tidak sembarangan. Laman Regency Holidays menyebut, mahasiswa perempuan dan laki-laki akan ditempatkan di tempat tinggal (apartemen) terpisah. Kamar juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, ruang TV bersama, meja, kursi, tempat tidur, hingga fasilitas kebugaran. 

Adapun jurusan kuliah yang dapat dipilih adalah pemasaran, manajemen rekayasa, studi teluk, sastra dan bahasa Arab, ilmu lingkungan, ilmu dan teknologi material, dan beragam jurusan lainnya.

Editor : Hadits Abdillah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.