Menko Airlangga Ungkap UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi - GenPI.co
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (dok kemenko).

GenPI.co – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu indikator vital dalam mempertahankan momentum pemulihan ekonomi.

Menurutnya tumbuhnya UMKM menjadi pemicu peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui ketersediaan kesempatan kerja yang tinggi serta pendistribusian pendapatan masyarakat guna pemerataan ekonomi.

“Pandemi Covid-19 berdampak bagi UMKM, pemerintah mendorong program khusus pemulihan ekonomi yang mengalokasikan Rp 121,20 triliun pada 2020 dan Rp83,19 triliun pada 2021 melalui KUR, BPUM, Subsidi Bunga Non-KUR, Penjaminan Kredit Modal Kerja, dan lainnya,” ujar Airlangga di Jakarta, Sabtu (6/08).

BACA JUGA:  Sri Mulyani Sampaikan Kabar Gembira, Semua Boleh Tersenyum

Adapun pengembangan UMKM tersebut telah menjadi fokus utama Pemerintah sesuai dengan amanat RPJMN 2020-2024 mengenai penguatan kewirausahaan

Selain itu, UMKM dan koperasi melalui strategi transformasi usaha informal menjadi formal, transformasi digital, transformasi ke dalam rantai nilai, dan modernisasi koperasi.

BACA JUGA:  Ada yang Berbeda dari Istri Ferdy Sambo, Lihat Nih Wajahnya

Transformasi formal dilakukan agar UMKM dapat memperoleh kemudahan terkait akses pembiayaan, pendampingan, serta market supply chain dengan cara terdaftar dalam Nomor Induk Berusaha.

Pemerintah juga menyediakan skema pembiayaan yang dapat diakses UMKM sesuai kelasnya mulai dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, Mekaar PT PNM, Bank Wakaf Mikro, pembiayaan ultra mikro, dan KUR.

BACA JUGA:  5 Aset Kripto Prediksi Melemah, Jangan Dibeli

Khusus KUR, Pemerintah memperpanjang tambahan subsidi bunga sebesar 3 persen hingga akhir Desember 2022 dan meningkatkan plafon KUR menjadi sebesar Rp 373,17 triliun.

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.