Menko Airlangga Luncurkan Buku Rekam Jejak Penanganan Covid-19 - GenPI.co
Menko Airlangga saat meluncurkan buku penanganan covid-19. (dok kemenko)

GenPI.co – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meluncurkan buku penanganan dan vaksinasi covid-19.

Buku tersebut juga merekam kebijakan pemerintah selama lebih dari 2 tahun penyebaran covid-19 di Indonesia.

“Ini kebijakan pemerintah yang dilakukan selama 2 tahun dan kebijakan ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi,” kata Airlangga usai peluncuran di Kantor Kemenko Ekonomi, Jakarta, Kamis (11/8).

BACA JUGA:  Airlangga Sebut GIIAS 2022 Era Kebangkitan Mobil Listrik

Dia menyebut bahwa pemerintah membuat kebijakan pengendalian covid-19 terkait pembatasan pergerakan masyarakat yang dievaluasi setiap seminggu sekali guna menyeimbangkan kepentingan sektor kesehatan dan ekonomi.

Di samping terkait pembatasan pergerakan masyarakat, pemerintah juga mengamankan vaksin covid-19 dan mempercepat penyuntikannya sehingga saat ini lebih dari 400 juta dosis vaksin telah diterima masyarakat.

BACA JUGA:  Kabar Terbaru, Komnas HAM Periksa Ferdy Sambo dan Bharada E di Mako Brimob

“Lebih dari 200 juta penduduk juga telah divaksin. Ini suatu pencapaian yang luar biasa karena tidak semua negara bisa melakukan hal itu,” katanya.

Dengan kedua kebijakan tersebut, saat ini rata-rata kasus covid-19 harian Indonesia bisa terjaga lebih kecil dari kasus di negara-negara lain, meskipun terdapat varian baru BA.5.

BACA JUGA:  Deolipa Yumara Masih Menjadi Pengacara Bharada E

Adapun Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan berdasarkan Survei Serologi terbaru, sebanyak 98 persen masyarakat Indonesia telah memiliki antibodi covid-19 yang didapatkan dari vaksinasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.