JAKARTA, celebrities.id – Fashion stylist atau dalam bahasa Indonesia disebut pengarah gaya memang menjadi profesi yang penting dalam dunia mode. Keahlian ini banyak dicari untuk berbagai keperluan, misalnya untuk syuting, pemotretan majalah, iklan, fesyen show dan lain sebagainya.

Tak heran jika profesi fashion stylist mulai dilirik banyak orang, salah satunya Bung Bung Mangaraja Negoro, Fashion and Beauty Editor Highend Magazine. 

Perlu diketahui, profesi ini tidak sesederhana memadupadankan busana saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Bung Bung mengatakan, seorang fashion stylist harus mengenali karakter kliennya. Selain itu, perlu juga memperhatikan bentuk tubuh dan mengenali warna terbaik yang cocok untuk kulit kliennya. Biasanya, klien juga punya kriteria tersendiri soal warna dan model pakaian, bahkan pernak-pernik yang ingin dikenakannya.

“Kalau mereka lebih suka bagian atas terbuka, mungkin off shoulder, aku akan siapkan seperti itu. Ini enggak mesti ngobrol, lihat di Instagram mereka juga bisa, bagaimana sehari-hari mereka. Attention to detail,” ucap Bung Bung dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Rabu (24/8/2022).

Tak hanya itu saja, fashion stylist juga harus memperhatikan situasi dan kondisi acara yang bakal dikunjungi klien. Oleh karenanya, kata Bung Bung, fashion stylist harus pandai menyatukan ide.

“Kita mengkombinasikan baju yang diciptakan desainer dengan ide makeup dan hairstyle, jadi satu penampilan yang utuh. Gampangnya ya mix and match,” kata Bung Bung.

Bung Bung sendiri kerap mengasah bakatnya lewat pengalaman dan referensi di internet. Dia mengaku memiliki sosok yang menjadi teladan dalam memadupadankan busana. Kemudian, Bung Bung mencoba menerapkan gaya sang idola ke dirinya sendiri. Seiring berjalannya waktu, dia mulai terbiasa dan akhirnya mahir mendandani orang.

“Mungkin kalau badannya kayak aku, berisi kayak ini nggak terlalu cocok pakai yang terlalu fit banget, lebih loose lebih enak dilihat, lebih nyaman dipakai dalam kegiatan. Jadi lihat diri kita dulu,” ujarnya. 

Fashion memang menjadi salah satu bidang yang tidak ada matinya dan selalu menarik untuk dieksplor. Dan, tentunya profesi fashion stylist ini cukup menjanjikan, apalagi jika namanya sudah dikenal oleh para pesohor. Kelak, bisa menjadi langganan para artis atau bahkan go international!

Editor : Hadits Abdillah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.