TABLOIDBINTANG.COM – Dalam film The Godfather yang dirilis tahun 1972 dan disebut-sebut sebagai film mafia terbaik sepanjang masa, aktor James Caan yang meninggal Rabu, 6 Juli kemarin, berperan sebagai Sonny Corleone, anak tertua pemimpin keluarga mafia Don Vito Corleone (Marlon Brando). Sebagai anak laki-laki tertua keluarga Corleone, Sonny digadang-gadang akan menjadi penerus ayahnya. Karakternya yang pemarah dan suka mengamuk, ditambah kegemarannya bermain perempuan, sebetulnya sangat disesalkan oleh sang ayah. Don Vito tahu Sonny akan menjadi pemimpin mafia yang buruk. Tapi dari keempat anaknya, Don Vito Corleone hanya bisa mengharapkan Sonny sebagai penerus. Anak keduanya, Pedro, lemah dan penakut. Anak ketiganya, perempuan. Sementara anak keempatnya, Michail Corleone (Al Pacino) ingin dia jauhkan dari kehidupan sebagai mafia. Don Vito ingin kelak Michael sukses berkarier sebagai politisi. Karena itu dia sebisa mungkin menjauhkan Michael dari bisnis keluarga.

 

Dalam satu adegan di The Godfather, Don Vito membentak Sonny di depan keluarga mafia lain karena berbicara pada saat harus mendengar. Kali lain Sonny ditegur keras ayahnya karena kegemarannya main perempuan. “Apakah kamu menghabiskan waktu bersama keluargamu? Karena kalu tidak, kamu bukan laki-laki sejati,” kata Don Vito Corleone marah. Sonny hanya bisa diam.

Sikap brangasan dan suka mengamuk Sonny, salah satunya diperlihatkan dalam adegan saat dia memukuli suami adik perempuannya, Carlo. Satu kali adik perempuan Sonny, Connie mengadukan sikap kasar suaminya. Tanpa babibu, Sonny berang dan mencari adik iparnya dan menganiayanya sampai babak belur. Kali lain Connie menelepon dan kembali mengadukan sikap kasar suaminya. Sonny kembali berang dan langsung pergi mencari adik iparnya dengan mobil. Tapi kali ini ternyata jebakan. Carlo sudah bersekongkol dengan keluarga mafia lain. Kemarahan Sonny sengaja dipancing agar dia keluar rumah sendirian dan itu akan menjadi saat yang tepat untuk menghabisinya. Di tengah jalan Sonny diberondong senapan oleh keluarga mafia lain dan tewas mengenaskan.

Kematian Sonny memukul keluarga Corleone. Don Vito Corleone tak sanggup menahan air mata melihat kondisi jenazah Sonny yang sangat mengenaskan. Adegan saat Sonny diberondong peluru di jalanan menjadi salah satu adegan paling menegangkan dalam film karya Ford Coppola ini. Kematian Sonny sekaligus mengubah jalan cerita keluarga Corleone.  Michael yang sering dibully dan jadi bahan ajekan Sonny dengan sebutan anak sekolahan, akhirnya malah menggantikan ayahnya sebagai pemimpin keluarga Corleone.

Seperti bintang-bintang The Godfather yang lain, James Caan juga meraih puncak popularitas berkat perannya sebagai Sonny Corleone. Bertahun-tahun setelah The Godfather dirilis James Caan masih sering diidentikkan dengan peran itu. Semula James Caan akan didapuk untuk memerankan karakter Michael Corleone, tapi dia merasa lebih cocok berperan sebagai Sonny. Dan benar, James Caan begitu pas memerankan karakter Sonny Corleone. Wajar kalau kemudian dia begitu identik dengan peran itu, bahkan sampai akhir hayatnya.

James Caan yang lahir di Bronx, Amerika, 26 Maret 1940, kini telah berpulang. Karier James Caan sebagai aktor terentang sangat panjang, sejak tahun 60 sampai akhir hayatnya. Semasa hidupnya James Caan menikah dan bercerai sebanyak empat kali dan memiliki 5 anak yang salah satunya mengikuti jejaknya sebagai aktor. Selama jalan, Sonny Corleone. Kami akan mengenangmu.

Penulis Redaksi

Editor Suyanto Soemohardjo

Artikel ini bersumber dari www.tabloidbintang.com.