GenPI.co – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan hal penting yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah demam dengue.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS, mengatakan partisipasi masyarakat memberantas sarang nyamuk penting dalam mengatasi dan mencegah penyakit demam dengue.

“Peningkatan partisipasi masyarakat dan institusi ini paling penting untuk memberantas sarang nyamuk, perlu kesadaran masyarakat,” kata Maxi, dilansir dari Antara, Kamis (21/7).

BACA JUGA:  Tanaman Hias Zodia, Ampuh Usir Nyamuk di Rumah

Maxi menjelaskan, peningkatan partisipasi masyarakat dan institusi yang berkesinambungan merupakan satu dari enam strategi nasional penanggulangan dengue 2021-2025 di Indonesia.

Strategi lainnya adalah menguatkan manajemen vektor yang efektif, aman, dan berkesinambungan.

BACA JUGA:  Nyamuk DBD Berkembang Biak di Musim Hujan, Cegah dengan Ini

Kemudian, meningkatkan akses dan mutu tata laksana dengue, menguatkan surveilans dengue yang komprehensif ,serta manajemen Kejadian Luar Biasa yang responsif.

​Selain itu, penguatan kebijakan manajemen program, kemitraan dan komitmen pemerintah serta pengembangan kajian, penelitian dan inovasi sebagai dasar kebijakan dan manajemen program berbasis bukti.

BACA JUGA:  Waspada Nyamuk DBD di Pergantian Musim!

“Pengembangan vaksin dengue bisa menjadi salah satu inovasi yang ke depannya diharapkan dapat melindungi masyarakat dari penyakit dengue,” katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.