GenPI.co Jatim – Kelompok terbang atau kloter terakhir calon jemaah haji Embarkasi Surabaya diberangkatkan ke Tanah Suci, Sabtu (2/7) malam.

Sesuai jadwal kloter 38 ini diberangkan pada pukul 20.15 WIB dari Bandara Juanda.

“Kloter pamungkas Embarkasi Surabaya ini merupakan gabungan dari 243 jamaah asal 23 kabupaten/kota se-Jawa Timur,” ujar Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Abdul Haris.

BACA JUGA:  Kisah Guru Honorer Mojokerto Naik Haji, Perjuangan Keras

Haris menjelaskan, kloter terakhir tersebut gabungan dari jemaah yang sudah terjadwal, cadangan, serta mutasi masuk dari provinsi lain.

Selain itu, semua calon jemaah haji yag tertunda karena sakit dan dirawat di RSU Haji Surabaya bergabung dengan kloter 38.

Totalnya ada tujuh calon jemaah haji yang tertunda, terdiri dari empat orang dirawat Rumah Sakit Haji Surabaya dari Kabupaten Kediri, Mojokerto dan Jombang, serta tiga orang pendampingnya.

BACA JUGA:  Kemenag Jatim Pastikan Semua Kursi Keberangkatan Haji Terisi

“Alhamdulillah empat orang tersebut sudah sehat dan bisa berangkat bergabung dengan kloter terakhir ini,” tutur dia.

Sementara itu, pesawat yang ditumpangi kloter 38 ini akan transit terlebih dahulu di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan.

BACA JUGA:  Air Zam-Zam Jemaah Haji Sudah Tiba di Embarkasi Surabaya

”Di sana menjemput 119 jamaah asal Palembang, sekaligus mengisi bahan bakar minyak pesawat di bandara setempat,” kata dia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari jatim.genpi.co.