JAKARTA, celebrities.id – PT MNC Land Tbk (KPIG) gencar melakukan penyelesaian pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City. KEK Lido direncanakan akan resmi beroperasi pada kuartal IV 2022. Kawasan ini bakal mengakselerasi pertumbuhan ekonomi wilayah. 

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengapresiasi kinerja MNC Land atas progres pengembangan KEK Lido. “Selamat kepada MNC Land, good job!” ujar Hary, Minggu (03/07/2022). 

Hary memberikan laporan perkembangan KEK Lido kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga merupakan Ketua Dewan Nasional KEK di kantor Sekretariat Jenderal Dewan Nasional KEK, di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

“Terima kasih kepada Pak Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, yang juga Ketua Dewan Nasional KEK,  membahas perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus Lido untuk berkenan me-review progres daripada KEK Lido,” ujar Hary.  

Salah satu yang akan segera selesai adalah Lido Music & Art Center, multi-stage yang mampu menampung hingga 50.000 pengunjung dan dapat digunakan untuk exhibition dan sejenisnya. 

Selain Music & Art Center, yang dikebut pekembangannya adalah lapangan golf juga Movieland dan berbagai sarana–sarana yang bisa menarik pariwisata.

“Tentunya supaya juga tourism bisa meningkat, salah satunya juga berkontribusi di kawasan ini, kemudian juga menciptakan lapangan kerja,” kata Hary. 
Dia menekankan, yang penting pengembangan KEK Lido adalah memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar, agar kehidupan perekonomian bisa membaik. 

“Karena harga tanah juga naik, kemudian banyak juga F&B , kuliner yang juga berkembang,” sambung Hary. 

KEK Lido diprediksi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara hingga 63,4 juta orang hingga 20 tahun mendatang, atau rata-rata 3,17 juta orang per tahun. Selain ittu, keberadaan KEK Lido di Pulau Jawa menjadi nilai lebih, sehingga diharapkan dapat memenuhi target investasi 5 tahun senilai USD1,8 miliar atau Rp26,64 triliun.

 

Pada tahun pertama nilai investasi pembangunan kawasan dan pelaku usaha telah terealisasi Rp2,07 triliun atau 7,77% dari total nilai investasi. 
KEK Lido juga diharapkan dapat memenuhi target lima tahun tersebut dengan menyerap tenaga kerja hingga mencapai 21.154 orang, dimana saat ini sudah terserap sebanyak 1.192 tenaga kerja.

 Saat ini, di areal KEK Lido juga sedang dibangun beberapa proyek besar seperti Lido Hotel and Resort Extension, golf course, golf club, movieland, theme park, music and art center, serta infrastruktur dan sarana-prasarana lainnya. Untuk World Championship 18-holes golf course dan Lido Music and Arts Centre ditargetkan selesai pada akhir 2022. Keseluruhan proyek ini memiliki nilai realisasi investasi sebesar Rp7,2 triliun apabila sudah 100% terbangun.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berpesan agar KEK Lido melakukan percepatan pembangunan sehingga menarik investor dan berperan pada pemulihan ekonomi pasca-pandemi melalui kegiatan pariwisata.

Dengan lokasi premium dan menyajikan fasilitas prima, KEK Lido diharapkan akan mampu menghadirkan wisatawan premium atau menengah ke atas. KEK Lido berlokasi di Lido, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. KEK Pariwisata dengan luas area 1.040 hektare ini telah ditetapkan melalui PP Nomor 69 Tahun 2021. 

Sesuai komitmen rencana investasi yakni pada 2041 akan merealisasikan sebesar US$2,4 milliar atau Rp32 triliun, dan akan menyerap 29.545 orang tenaga kerja. Dukungan Pemerintah diberikan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan KEK di Indonesia melalui kebijakan fiskal yang kondusif bagi dinamika investasi.

Komitmen Pemerintah untuk mendorong adanya konektivitas antar KEK juga dilaksanakan dengan membangun akses-akses infrastruktur di KEK dan wilayah sekitarnya, serta pembangunan ketersediaan sumber daya manusia di setiap lokasi KEK.

Editor : Andre Purwanto


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.