11 Jenis Phobia Aneh yang Ada di Dunia, dari Takut Lubang hingga Ketinggian

JAKARTA, celebrities.id – Phobia adalah perasaan takut karena adanya dorongan kecemasan dan ketakutan pada suatu objek atau situasi tertentu. Ada banyak jenis phobia aneh yang dialami seseorang, mulai dari fobia pada lubang, warna kuning, hingga ketinggian. 

Phobia juga bisa membuat seseorang menjadi depresi dan dapat menghambat pengidapnya. Seringkali, phobia memiliki ketakutan yang tidak beralasan.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (7/7/2022), berikut 11 Jenis Phobia Aneh yang Ada di Dunia

Jenis Phobia Aneh yang Ada di Dunia

1. Trypophobia (Phobia Lubang)

Phobia ini merasa jijik atau takut pada pola lubang. Melihat kumpulan lubang pada makanan, bunga, dan barang sehari-hari seperti spons dapat memicu perasaan takut.

2. Nomophobia (Phobia tanpa ponsel)

Nomophobia merupakan Phobia dengan rasa takut atau cemas jauh dari ponsel. kemungkinan penyebab dari nomophobia ini adalah akibat kecanduan ponsel yang semakin canggih.

 

3. Xanthophobia (Phobia warna kuning)

Penderita Phobia ini takut dengan sesuatu dengan objek atau sesuatu yang berwarna kuning. Ketika pengidap melihat warna kuning atau mendengar kata “kuning” biasanya mereka akan cemas dan ketakutan.

4. Ablutophobia (Phobia mandi)

Ablutophobia adalah ketakutan untuk mandi, mencuci, atau membersihkan diri. Fobia ini paling sering terjadi pada anak-anak dan sembuh seiring bertambahnya usia, tetapi masih bisa terjadi pada orang dewasa. Ablutophobia dapat terjadi akibat peristiwa traumatis yang melibatkan air atau takut basah. Dalam beberapa kasus, fobia terkait dengan aquaphobia, yaitu ketakutan akan air.

5. Optophobia (Phobia membuka mata)

Optophobia adalah rasa takut untuk membuka mata. Fobia ini biasanya dikaitkan dengan gangguan kecemasan umum. Ketakutan ini biasanya terjadi akibat dari kejadian traumatis.

6. Akrofobia (Phobia Ketinggian)

Phobia ini merupakan ketakutan yang berlebihan terhadap ketinggian. Rasa takut yang dialami pengidap fobia ketinggian menimbulkan beberapa gejala, seperti kecemasan, stres, atau panik, saat berada di tempat tinggi.

 

7. Omphalophobia (Phobia pusar)

Omphalophobia adalah ketakutan pada pusar. Orang dengan omphalophobia akan menghindari melihat atau menyentuh pusar, bahkan pusar mereka sendiri.

8. Vestiphobia (Phobia pakaian)

Vestiphobia adalah ketakutan akan pakaian. Beberapa pengidap memiliki ketakutan pakaian yang berbeda, seperti ketakutan pakaian ketat atau takut alergi dengan bahannya.

9. Ergophobia (Phobia bekerja)

Ergophobia adalah ketakutan akan pekerjaan. Orang dengan ergofobia cenderung memiliki kecemasan ekstrem terkait dengan tempat kerja atau lingkungan kerja mereka. 

10. Linonophobia (Phobia tali)

Linonophobia adalah ketakutan terhada tali. Pengidap dengan linonophobia akan memiliki reaksi yang ekstrim ketika memikirkan tali, apalagi melihatnya secara langsung. Orang dengan linonophobia akan menghindari tali atau apapun yang berhubungan dengan tali, seperti menjahit atau mengikat sepatu.

Editor : Hadits Abdillah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.