GenPI.co – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengingatkan akan bahaya konflik komunal di Indonesia.

Pasalnya, Indonesia terdiri dari berbagai macam golongan, kelompok, suku dan agama.

“Ini semua (perbedaan) akan membuat Indonesia rentan terjadi konflik komunal,” ucap Dudung di Grha Widya Adibrata Sesko TNI, Bandung, Jumat (22/7).

BACA JUGA:  Anak Buah Dudung Abdurachman Dipukul Politikus Gerindra

Lebih lanjut, Dudung menuturkan, jika tidak ada perekat yang kuat untuk menyatukan perbedaan, maka Indonesia akan mudah tercerai berai dipengaruhi dan diintervensi kekuatan dari luar.

“Bentuk pengaruh luar bisa berupa budaya luar yang diikuti masyarakat kita terutama generasi mudanya dan adanya upaya memasukkan paham dari luar yang tidak sesuai dengan kondisi bangsa,” tegas Dudung.

BACA JUGA:  Loper Koran Jadi Jenderal, Kasad Dudung Abdurachman Bongkar Ini

Dudung juga menyampaikan tentang pokok-pokok kebijakannya dalam mengantisipasi perkembangan di lingkungan strategis.

Selain itu, lanjut Dudung, perang antara Rusia dan Ukraina merupakan gambaran telah terjadi perang berlarut di mana kekuatan besar tidak mampu mengakhiri perang secara keseluruhan.

BACA JUGA:  Politikus PKS Mendadak Sanjung KASAD Dudung Abdurachman

“Ini membuktikan perang berlarut yang menjadi doktrin perang kita dengan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta masih riil sampai saat ini, namun dihadapkan dengan perkembangan teknologi masih diperlukan revisi terhadap doktrin perang kita,” kata Dudung. (mar5/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.