JAKARTA, celebrities.id – Hari Persahabatan Internasional atau International Friendship Day diperingati setiap 30 Juli setiap tahunnya. Kini, anak muda menyebutnya sebagai Hari Bestie Sedunia 2022.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan peristiwa setahun sekali akhir Juli ini. Salah satu yang bermanfaat, dengan membangun bisnis bersama sahabat, sebagaimana yang penyanyi Raisa Andriana lakukan baru-baru ini.

Ya, istri Hamish Daud itu baru saja menjalani bisnis kecantikan bersama sahabat kecilnya, Titania Fairuskha. Menurut Raisa, membangun bisnis bersama sahabat jauh lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan dengan orang yang baru dikenal.

Pasalnya, pelantun Mantan Terindah itu sudah paham betul karakter dan gaya sahabatnya, dan ini menjadi modal awal untuk membangun bisnis bersama. 

Namun, tak semua bisnis bareng sahabat selalu berbuah manis. Terkadang, cobaan datang menghadang hingga mengancam hubungan pertemanan karena salah dalam mengelola bisnis. Soal itu, Raisa dan Fairuskha memberikan tips jitunya agar bisnis berjalan dengan sukses. Apa saja?

Pertama, jangan pernah menyembunyikan perasaan dan merasa ‘tidak enak’ di depan sahabat. 

“Jangan ngomongin di belakang. Kalau ada yang mengganjal nggak diomongin itu bisa jadi racun dalam persahabatan maupun bisnis. Kalo ada apa-apa ya ngomong aja langsung,” kata Raisa saat konferensi pers Peluncuran Raine beauty di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (28/7/2022).

Kedua, ketahui kelemahan masing-masing dan tentukan peran satu sama lain. Sebagai sahabat, langkah ini terasa mudah bagi Raisa lantaran dia sudah mengenal Fairushka sejak kecil, begitu pula bagi Fairuskha. Sementara soal pembagian tugas, keduanya sudah membicarakan secara matang sebelum usaha ini berjalan.

 

Ketiga, menyatukan ide, inspirasi dan visi. Ini adalah hal yang penting dalam membangun sebuah bisnis, karena masing-masing orang memiliki pola pikir yang berbeda, dan itu harus bisa disatukan untuk melengkapi ide satu sama lain. 

Beruntungnya, Raisa dan Fairuskha sudah memiliki ide dan visi yang sejalan sejak awal, sehingga bisnis mereka pun bisa digencarkan dengan lebih mudah.

Keempat, bicarakan sejak awal terkait keuntungan dan keuangan. Ini menjadi hal yang tak boleh terlewatkan agar nantinya keuntungan penjualan dapat terbagi secara adil dan tidak menimbulkan pertikaian di kemudian hari.

“Di awal itu uang sudah harus diomongin. Pokoknya soal duit-duitan itu penting karena sensitif, ya. Jadi harus diomongin sebelum bikin usaha bareng,” ujar Raisa.

Terakhir, saling menjaga komunikasi. Ini juga tak kalah penting dilakukan agar bisnis tetap langgeng dan terhindar dari miskomunikasi. Komunikasikan ide-ide baru pengembangan bisnis, inovasi, tantangan dan hambatan bisnis, hingga yang berhubungan dengan keuangan. Miskomunikasi dapat menyebabkan munculnya perselisihan saat membangun bisnis bersama sahabat. 

Jadi, penting melakukan komunikasi secara rutin sebagai bahan evaluasi untuk menghindari pengambilan keputusan secara sepihak. Nah, itulah lima tips membangun bisnis bersama sahabat dari Raisa dan Fairuskha. Semoga bermanfaat!

Editor : Hadits Abdillah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.