GenPI.co – Pakar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana mengatakan upaya kolektif dan sinergis bersama dapat mewujudkan gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina.

Menurut dia, upaya kolektif ini juga harus melibatkan negara-negara yang tidak memihak siapa pun dalam perang, namun turut berupaya menghadirkan gencatan senjata untuk menghindari krisis yang dihadapi dunia.

Selain itu, Hikmahanto juga mengingatkan bahwa kontak-kontak informal perlu dilakukan diantara para pemimpin negara-negara di dunia.

BACA JUGA:  Moeldoko Sebut Perang Rusia-Ukraina Bikin Harga Mi Instan Meroket

“Presiden Jokowi sudah melakukan cara itu, dengan para pemimpin G7, Rusia dan Ukraina,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (23/7/2022).

Dia berharap Presiden Jokowi juga akan melakukan langkah serupa dengan pemimpin negara-negara Asia seperti China dan Jepang.

BACA JUGA:  Lantang, Putin Pastikan Barat Tak Mampu Senggol Rusia

“Hal itu sangat bagus sekali, dan Pak Presiden juga bisa menyampaikan proposal Indonesia di Forum G20, dalam kontak-kontak informal itu agar perekonomian dunia bisa kembali maju lagi,” jelasnya.

Sebisa mungkin, sambung Hikmahanto, gencatan senjata sebaiknya terwujud sebelum pelaksanaan KTT G20.

BACA JUGA:  Awas! Rusia Siapkan Serangan Dahsyat Terbaru di Ukraina

Namun, apabila hal itu tak berhasil, skenario buruknya adalah pada saat KTT G-20 bisa disepakati adanya gencatan senjata tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.