GenPI.co – Magna Charta Politika merilis hasil survei menempatkan nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) unggul dengan elektabilitas tertinggi sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024.

“Elektabilitas AHY tertinggi sebanyak 23,8 persen,” kata Direktur Kajian Magna Charta Politika Wildan Ramadhan Wijaya di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Posisi selanjutnya politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani sebesar 15,6 persen, Sandiaga Uno sebesar 15,2 persen, dan Ridwan Kamil sebesar 8,9 persen.

BACA JUGA:  Bisa Jadi Tersangka Kasus Penyelewengan ACT, Ahyudin Malah Santai

Di bawah keempat nama tersebut ada Andika Perkasa, Susi Pudjiastuti, Khofifah Indar Parawansa, Erick Thohir, Muhaimin Iskandar, dan Zulkifli Hasan.

Dia menjelaskan selain elektabilitas calon presiden (capres) yang menjadi perhatian publik, elektabilitas calon wakil presiden juga menjadi faktor yang sangat penting.

BACA JUGA:  Klarifikasi Eks Bos ACT Ahyudin Soal Penyelewengan Dana Boeing

“Peranan wakil presiden dalam membantu kemenangan juga sangat menentukan, salah satu sebabnya pada Pemilu 2024 nanti dilaksanakan tanpa keikutsertaan petahana,” ujarnya.

Survei itu mengambil populasi warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilu. Survei dilakukan pada 1-11 Juli 2022 di 34 provinsi.

BACA JUGA:  Mantan Petinggi ACT Ahyudin Kekeh Tak Ada Penyelewengan Dana Umat

Dari populasi itu dipilih secara acak sebanyak 2.000 responden dengan margin of error kurang lebih 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (antara)

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.