JAKARTA, celebrities.id – Kehadiran orang baru dalam keluarga tentunya bukanlah suatu hal yang mudah untuk kita terima. Terlebih, jika kehadiran orang baru tersebut untuk menggantikan orang yang sangat disayangi, ayah atau pun ibu. 

Dalam kisah hidup manusia, ada orang yang mengalami peristiwa mendapatkan ayah atau ibu baru karena satu dan lain hal. 

Dalam kisah tersebut, sebagian berakhir menyedihkan, namun ada pula yang berujung pada kebahagiaan. Untuk menggambarkan kehidupan tersebut, sejumlah film mengangkat tema mengenai hubungan anak dengan orang tua sambung.

Untuk mengisi waktu luang, berikut merupakan daftar film yang bercerita hubungan antara anak dengan orangtua sambung, yang layak ditonton.

Daftar film yang menceritakan hubungan anak dengan orangtua sambung

1. Stepmom

Film yang bercerita tentang hubungan anak dengan orang tua sambung pertama adalah “Stepmom.” Film ini merupakan film lawas yang dirilis pada tahun 1998, dengan pemeran Julia Roberts, Susan Sarandon, Ed Harris. Isi kisah dari film ini adalah mengenai gambaran seorang ibu sambung yang ingin bisa menjadi yang terbaik bagi anak-anaknya.

Isabel merupakan seorang janda yang sudah bercerai dari suaminya. Isabel kemudian bertunangan dengan Luke dan mencoba untuk mendekati anak-anak sambungnya, buah pernikahan Luke dan Jackie. 

Namun usaha Isabel kerap kali mengalami hambatan karena sifat mantan istri Luke, Jackie, yang membenci Isabel. Meskipun begitu, Isabel terus berusaha dengan upaya terbaiknya. Kondisi ini kemudian berubah total ketika Jackie divonis menderita penyakit kanker.

2. Carita de Angel

Carita de Angel merupakan film telenovela yang sangat populer untuk generasi 80 dan juga 90-an. Telenovela ini diproduksi oleh Nicandro Diaz Gonzales di negara Meksiko dan pertama kali ditayangkan pada tahun 2000. Film ini menceritakan mengenai Dulce Maria yang menjodohkan ayahnya sendiri dengan seorang calon biarawati bernama Suster Cecilia. 

Namun pada sisi lain, ternyata ayahnya sudah memiliki kekasih yang bernama Nicole. Film ini dipenuhi banyak adegan cerdik dari Dulce ketika mengusahakan Suster Cecilia untuk menjadi ibu sambungnya. Pada akhirnya, usaha Dulce Maria membuahkan hasil seperti yang diia inginkan.

 

3. The Other Woman

Film ini merupakan film garapan Amerika Serikat yang kemudian diluncurkan pada tahun 2009. Film ini disutradarai oleh Don Roos dan melibatkan artis Natalie Portman, Lisa Kudrow, Scott Cohen, dan Charlie Tahan sebagai pemerannya. Cerita dalam film ini diadaptasi dari sebuah novel yang ditulis oleh Ayelet Waldman berjudul “Love and Other Impossible Pursuits.”

Adalah Emilia, diperankan oleh Natalie Portman, yang berjuang untuk mendapatkan hati anak sambungnya. Di awal cerita diperlihatkan bagaimana kesedihan Emilia dalam hidupnya. Setelah menikah dengan Jack, Emilia melahirkan seorang anak yang tiga hari kemudian meninggal.

Cerita berkembang ketika Emilia, di tengah kesedihannya, dia juga harus berdamai dengan kehadiran anak sambungnya, William. Namun usaha tersebut terlalu sulit dia lakukan karena komunikasi mereka yang tidak terlalu baik dan ditambah dengan kecemburuan dari istri pertama suaminya.

4. Tersanjung the Movie

Berbeda dengan film-film di atas, Tersanjung the Movie merupakan film garapan dari Indonesia yang ditayangkan secara perdana pada 1 April 2021. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diperankan oleh Clara Bernadeth, Giorgino Abraham, dan Kevin Ardilova.

Sama seperti bentuk sinetronnya, film ini mengisahkan seorang gadis perempuan yang sudah lama kehilangan peran ibu dalam hidupnya karena ibunya sudah lama meninggal. Di sisi lain, ayahnya menikah kembali sehingga membuat dirinya harus hidup bersama dengan ibu dan juga saudari tirinya dalam satu rumah yang sama. 

Dalam kehidupan sehari-hari, peran ibu sambung cukup dominan dibandingkan ayahnya. Sehingga sepanjang film ini dikisahkan bagaimana hubungan antara gadis perempuan tersebut bersama dengan keluarga dan sahabat-sahabatnya.

5. The Sound of Music

The Sound of Music merupakan film drama musikal yang mendapatkan lima Academy Awards. Film ini juga dinilai masih menjadi ikonik di Hollywood meskipun film ini sudah dirilis lebih dari 50 tahun lalu, tepatnya pada 1965.

Mengangkat tema tentang keluarga, film ini mengisahkan kehidupan keluarga Kapten Georg von Trapp. Kapten Georg von Trapp merupakan seorang perwira angkatan laut yang memiliki tujuh anak. 

Ketujuh anaknya itu dia urus seorang diri lantaran istrinya sudah lama meninggal. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan baginya hingga akhirnya ia mempercayai Maria, seorang biarawati, untuk mengurus anak-anaknya.

Mengurus tujuh anak dengan beragam usia anak bukanlah hal yang mudah. Namun dengan kelihaiannya dalam bernyanyi dan menari, Maria sabar mengajari anak-anak Kapten Georg tentang berbagai hal. Hal ini dilakukan sambil mengajak anak-anak tersebut bersenang-senang. Tak butuh waktu lama, ketujuh anak itu, serta sang ayah, Kapten Georg von Trapp, jatuh hati kepada Maria. 

Kapten Georg von Trapp kemudian mempersunting Maria, yang disambut bahagia oleh anak-anaknya. Kehidupan Maria sebagai ibu sambung pun dimulai. Dengan kedekatan yang telah dibangun sebelumnya, ketujuh anak von Trapp menganggap Maria layaknya ibu sendiri.

Editor : Hadits Abdillah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.