MALANG, celebrities.id – Covid-19 melonjak di beberapa daerah Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum dapat memastikan apakah penyelenggaraan Liga 1 musim 2022 bakal dihadiri penonton. 

Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengungkapkan, bakal tetap mengajukan pertandingan dengan penonton dengan acuan penyelenggaraan turnamen Piala Presiden. Di mana syaratnya setiap suporter yang masuk harus telah tervaksin Covid-19 dan kapasitas stadion diisi maksimal 75 persen dari kapasitas penuh. 

“Kalau soal penonton dari Piala Presiden jadi acuan bagaimana nanti penonton hadir, seperti kemarin kan pemerintah mensyaratkan di Piala Presiden 75 persen,” kata Lukita saat meninjau penyelenggaraan Perempatfinal Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, pada Minggu (3/7/2022). 

Tetapi pihaknya belum dapat memastikan apakah izin penyelenggaraan Liga 1 musim 2022 dengan penonton direstui pemerintah atau tidak. Terpenting pihaknya fokus untuk mematangkan draf penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dengan menggandeng klub melalui pertemuan manajer secara virtual, pada pekan depan. 

“Kita sudah berkomunikasi ke kepolisian untuk minta izin (penyelenggaraan Liga 1 dengan penonton) draf jadwal sudah kita sampaikan, tapi tentunya nanti draf itu nanti seperti apa rekomendasinya akan kita olah setelah diskusinya dengan pihak kepolisian. Rencana minggu depan ada rencana manager meeting, nanti kita akan undang secara virtual saja, karena masing-masing pada sibuk di venuenya masing-masing,” katanya.

Dia berharap dari hasil pertemuan antara PSSI, PT LIB dan seluruh tim peserta Liga 1, ada keputusan yang diambil mengenai kepastian kompetisi, termasuk bila mana ada kenaikan kasus Covid-19 subvarian Omicron yang mulai terjadi. 

“Apakah tetap seperti itu (Liga 1 berjalan dengan dihadiri penonton) akan kita lihat, kalau kita lihat Omicron atau varian-varian baru itu nanti juga akan menjadi acuan juga. Karena itu kita masih berharap tidak ada hal yang tidak diinginkan di Liga 1 dan Liga 2 ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Satgas Covid-19 merestui penyelenggaraan Piala Presiden 2022 dengan dihadiri penonton. Hal ini menjadi sejarah baru era persepakbolaan Indonesia di tengah hantaman Covid-19 selama dua tahun terakhir. 

Imbas dari pandemi Covid-19, Liga 1 musim 2021 lalu digelar tanpa penonton dengan menggunakan sistem bubble atau penyelenggaraan di suatu wilayah dalam, waktu tertentu, tanpa format kandang dan tandang. Sedangkan Liga 1 musim 2020 terpaksa ditiadakan karena badai Covid-19 yang masuk Indonesia sejak Maret 2020.

Rencananya kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia ini bakal digelar 23 Juli 2022 mendatang. Namun sejauh ini belum ada izin resmi dari kepolisian dan pemerintah pusat mengenai hal itu.

Editor : Tia Ayunita


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.