JAKARTA, celebrities.id – Hitungan hari dalam Bahasa Jawa disebut Weton. Beginilah cara menghitung weton jawa tanggal lahir dan pasaran.

Weton dalam budaya Jawa merupakan hitungan hari lahir yang digunakan untuk menentukan sebuah patokan atau ramalan tertentu seperti menentukan nasib, jodoh, tanggal pernikahan, tanggal pindah rumah dan lain sebagainya.

Bagi orang Jawa, perhitungan Weton merupakan hal yang penting. Menurut mereka perhitungan Weton menentukan baik atau tidaknya untuk melakukan suatu acara. 

Hari dalam kalender Jawa diadaptasi dengan kalender Islam. Weton yang biasa digunakan untuk menjelaskan hari kelahiran seseorang yaitu gabungan dari hari pada kalender Islam dan lima hari dari pasaran Jawa. Lalu, bagaimana cara menghitung weton jawa tanggal lahir dan pasaran?

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Sabtu (13/8/2022), telah merangkum cara menghitung weton jawa tanggal lahir dan pasaran

Cara Menghitung Weton Jawa Tanggal Lahir, Neptu dan Pasaran

Cara yang digunakan untuk menghitung Weton yaitu dengan menggunakan neptu hari serta pasaran Jawa. Hari pasaran terdiri dari lima hari di antara yaitu Kliwon, Legi, Pon, Pahing dan Wage. 

Cara menghitung Weton yaitu dengan menjumlahkan nilai pada hari dan dan nilai pada pasaran. Contohnya apabila kamu lahir pada Senin Wage maka neptu wetonnya 4+4=8.

Nilai hari dan nilai weton tersebut bisa celeb hitz lihat pada tabel di bawah ini.

Cara Menghitung Weton Jawa Tanggal Lahir dan Pasaran
Perhitungan ramalan jodoh weton jawa untuk pasangan yang ingin menikah

Cara Menghitung Kecocokan Weton Jodoh pada Pasangan

Setelah Celeb Hitz mengetahui bagaimana cara menghitung weton Jawa tanggal lahir, neptu dan pasaran, kamu bisa langsung menghitung kecocokan jodoh kamu dan pasangan.

Caranya pun cukup mudah. Sebagai contoh Rizal lahir pada Jumat Kliwon, maka neptu wetonnya 6+8=14. Lalu Mia lahir pada Kamis Wage, maka neptu wetonnya 8+4=12. Jika sudah mengetahui masing-masing neptu weton, maka tinggal jumlahkan saja. Dari contoh diatas maka kecocokan weton jodoh Rizal dan Ami yaitu 14+12=26.

Hasil dari jumlah kedua neptu weton, kemudian bisa kamu cocokan dengan daftar berikut ini:

1. Pegat (1,9,10,18,19,27,28,36)

Dalam budaya Jawa, jika neptu pasangan mendapatkan angka seperti diatas, maka saat menjalani hubungan dengan pasangan akan mendapat berbagai macam masalah. Seperti masalah ekonomi bahkan hal kecil pun bisa menjadi masalah juga. 

2. Ratu (2,11,20,29)

Untuk kamu yang mendapatkan weton Ratu bersama pasangan, maka hubunganmu dengan pasangan bisa dikatakan sebagai pasangan yang harmonis.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.