GenPI.co – Spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medik dr. Aditya Wahyudi, SpKFR menjelaskan masalah nyeri sendi lutut biasanya disebabkan oleh faktor seperti cidera olahraga, terkilir, ligamen yang robek hingga kondisi osteoartritis.

Menurut dokter Adit, kini untuk mengatasi rasa nyeri pada lutut dengan kasus ringan bisa dengan hal sederhana seperti mengubah postur dan melakukan latihan kekuatan pada lutut seperti bersepeda.

“Hal lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan korset khusus untuk lutut,” ujar dr. Adit dalam keterangan resminya, Jumat (29/7).

BACA JUGA:  Deretan Obat Pereda Nyeri yang Dapat Dibeli Secara Bebas

dr. Aditya mengatakan tujuan penggunaan korset lutut adalah menguatkan persendian lutut selama melakukan kegiatan, terlebih jika aktivitas hariannya mengandalkan kekuatan persendian lutut.

“Hal yang disarankan juga bagi wanita jangan memakai high heels bagi yang mengalami sakit lutut, karena akan memberikan beban yang lebih sehingga rasa nyeri akan semakin sulit dipulihkan,” sambungnya.

BACA JUGA:  Leher Sering Nyeri saat Bangun Tidur, Apa Ada Solusinya?

Dalam dunia pengobatan medis, lanjut dr Adit, ada beberapa cara cepat untuk meredakan nyeri sendi lutut salah satunya adalah suntikan Kortikosteroid.

Dalam perawatan ini lutut disuntik langsung dengan obat cairan khusus. Meskipun tidak permanen, banyak yang terbantu menghilangkan nyeri sendi lutut ini sehingga bisa beraktivitas sementara.

BACA JUGA:  5 Cara Ampuh Kurangi Nyeri Sakit Gigi

“Dalam dunia pengobatan alternatif, ada kolostrum yang bisa menggantikan fungsi dari injeksi Kortikosteroid lutut ini,” terang dr. Aditya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.