TRIBUNWOW.COM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan jajarannya sedang menyusun Peraturan Daerah (Perda) baru di bindang pendidikan.

Dilansir TribunWow.com, Perda ini nantinya akan mengatur mengenai status Pesantren yang berusaha disejajarkan dengan sekolah formal.

Menurut Ganjar dengan adanya Perda ini, maka Pemprov dapat turun tangan memfasilitasi pembangunan pesantren di Jawa Tengah.

Baca juga: Berita Ganjar Pranowo: Singgung Restu Jokowi, Pakar Sebut PDIP Bukan Menolak Tapi Tunggu Sinyal

Hal ini diungkapkannya melalui pernyataan tertulis di portal resmi Pemprov Jateng, jatengprov.go.id.

Ganjar ketika itu baru saja selesai mengikuti rapat terkait Raperda Fasilitasi dan sinergitas penyelenggaraan pesantren di Jateng dengan agenda pembentukan pansus di Ruang Rapat Paripurna, DPRD Jateng, Selasa (16/8/2022).

“Kita sudah sepakat, jadi ada Undang-undang Pesantren, dan daerah mesti memfasilitasi itu. Maka, pemerintah dari eksekutif maupun legislatif sudah bersepakat untuk segera membuat Perdanya,” terang Ganjar.

Menurutnya, keberadaan pesantren tak bisa dikesampingkan dan justru harus dikembangkan.

Ia pun berharap pendidikan ala pesantren dapat disejajarkan dengan pendidikan di sekolah-sekolah formal.

“Nilai-nilai yang diajarkan di sana betul-betul bisa masuk ke dalam satu sistem pendidikan yang lebih baik, lebih bermutu, dan lebih berkualitas, tapi punya kekhasan,” kata Ganjar.

Ia kemudian mencontohkan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, yang terlibat aktif memfasilitasi sejumlah pesantren.

“Praktiknya ini Pak Wagub. Ini sudah berapa pesantren di Rembang yang beliau juga mengajar di sana, menyiapkan di sana, dan sekarang mengembangkan ekonomi pesantren. Beliau ini contoh praktik dari pemerintah yang ada di Jawa Tengah, dan sudah berjalan,” ucap Ganjar.

Berita Ganjar Pranowo: Berupaya Sejajarkan Pesantren dengan Pendidikan Formal Melalui Perda
Ilustrasi, ratusan santri pondok pesantren Darul Quran Wal Irsyad, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Selasa (6/8/2019). ((MARKUS YUWONO/ Kompas.com))

Baca juga: Berita Ganjar Pranowo – Atasi Dampak OTT Bupati Pemalang, Beri Pesan Tegas: Jangan Khianati Rakyat

Ia menilai pesantren saat ini membutuhkan perhatian lebih banyak, sehingga tak hanya mengajarkan soal agama, tapi santrinya kelak juga punya life skill serta ilmu yang lebih baik

“Mudah-mudahan anak-anak kita yang mondok itu, juga bagian dari cara kita menyiapkan SDM yang bagus,” imbuhnya.

Dengan adanya Perda tersebut, Ganjar optimis pesantren akan semakin lebih baik melalui penataan sistem yang diaturnya.


Artikel ini bersumber dari wow.tribunnews.com.