JAKARTA, celebrities.id – Artis Indonesia yang punya manajemen sendiri menarik untuk diulas. Ya, menjadi public figure tentunya membutuhkan sebuah manajemen untuk menaunginya. Lewat manajemen itu lah para artis bisa dipromosikan sesuai dengan kemampuannya mulai dari berakting hingga bernyanyi.

Dengan adanya manajemen artis ini, bertugas mengatur jadwal. Pasalnya jadwal artis sendiri cukup padat. Selain itu, juga manajemen artis bertugas untuk menyusun kontrak kerja, membuat laporan keuangan, hingga mengatur hak paten karya artis.

Namun rupanya, ada beberapa artis yang memilih untuk membuat manajemen sendiri. Siapa saja yah? Berikut ulasannya dari berbagai sumber, Minggu (31/7/2022). 

Artis Indonesia yang punya manajemen sendiri

1. Raffi Ahmad

Yang pertama ada Raffi Ahmad. Dia memiliki RANS Entertainment yang saat ini sangat populer. RANS sendiri memiliki beberapa bidang mulai dari dunia musik hingga olahraga.  

2. Indra Bekti

Indra Bekti juta memiliki manajemen artis yang dikelolanya sendiri bernama Inbek. Ada beberapa artis yang ada di bawah naungannya, yakni Fitri Tropica, Magdalena, CJR hingga Deryansha.

3. Lesti Kejora dan Rizky Billar

Selanjutnya pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar yang membuat manajemen artis bernama LESLAR Entertainment. Manajemen milik mereka baru berdiri sejak 2021 lalu. 

 

4. Glenn Alinskie

Glenn Alinskie memiliki manajemen artis bernama SA-Itainment. Perusahaan ini dia dirikan bersama sepupunya. Manajemen ini sudah memproduseri girl band Korea yang bernama Wish Girl dan CRAXY.

5. Arzeti Bilbina

Model lawas Arzeti Bilbina juga masuk dalam deretan artis yang memiliki manajemen artis sendiri. Bernama ZEMA, manajemen ini berfokus pada salah satunya modeling agency, Zema Aplus Modelling School, hingga Aplus EntertainmenT.

6. Richard Kevin

Suami dari Cut Tari ini mendidikan manajemen artis sendiri bernama Icon Management. Manajemen ini sudah menaungi beberapa artis terkenal Tanah Air. Beberapa di antaranya yakni Marcella Zalianty, Senk Lotta, Imelda Therinne, hingga Carissa Puteri dan Adinda Thomas.

7. Cita Citata

Yang terakhir ada pedangdut cantik Cita Citata. Dia membangun bisnis manajemen artis bernama Chorus.co.id. Tujuannya membangun bisnis ini karena ingin memberikan warna yang berbeda di dunia musik Tanah Air. Penyanyi yang resmi bergabung dengan manajemen Cita Citata itu seperti Abah Lala, Desy Thata, Tiara Bahar, AKD Band dan Tiwi eks T2.

Itu dia deretan artis yang memiliki manajemen sendiri. Semoga bermanfaat.

Editor : Hadits Abdillah


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.