Apkasindo Puji Langkah Presiden Jokowi di Beijing, Ini Buktinya - GenPI.co
Ilustrasi – Apkasindo puji langkah Presiden Jokowi di Beijing. Foto: JPNN.com/GenPI.co

GenPI.co – Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Medali Emas Manurung memuji langkah Presiden Jokowi selamatkan jutaan petani sawit melalui pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China, Li Keqiang di Villa 5, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing.

Seperti diketahui, komitmen China menambah impor CPO dari Indonesia ini disepakati saat Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China, Li Keqian di Beijing pada akhir Juli 2022.

Manurung menilai, China memastikan komitmennya untuk menambah impor crude palm oil atau CPO sebanyak 1 juta ton dari Indonesia sangat berpengaruh buat jutaan petani sawit Indonesia.

BACA JUGA:  Sekber Prabowo-Jokowi Gelar Deklarasi Dukungan Pilpres 2024

“Iya benar Pak, kami sangat tertolong dengan pesanan China tersebut,” ungkap Manurung saat dihubungi, Senin (1/8/2022).

Sementara itu, salah satu solusi menyelesaikan permasalahan sawit di Indonesia saat ini adalah mengosongkan tangki-tangki CPO.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Bawa Kabar Gembira, PNS Pasti Senang

Menurunya, dengan cara ini para petani sawit bisa tertolong dengan adanya permintaan CPO dari negara luar.

“Karena obat permasalahan sawit Indonesia saat ini adalah bagaimana cara mengosongkan tanki penyimpanan CPO. Stok CPO Indonesia akibat lar ekspor dan pasca lar ekspor mengakibatkan menumpuknya CPO di tangki penyimpanan di PKS-PKS,” terang dia.

Manurung menambahkan, kondisis sawit Indonesia terpuruk di bulan Mei 2022 hingga menyentuh 67 persen dari kondisis normal, dan di bulan Juni 2022 Indonesia mengalami surplus 28 persen.

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.