JAKARTA, celebrities.id – Apa arti procrastination? Istilah ini secara sederhana bisa kita pahami sebagai tindakan seseorang menunda-nunda suatu hal atau pekerjaan. 

Seseorang yang kerap menunda-nunda akan membiarkan pekerjaannya hingga saat-saat terakhir atau kadang-kadang bahkan menghabiskan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat.

Namun, perlu diperhatikan, menunda-nunda bukanlah malas melainkan konsepsi kurang baik terhadap sebuah kebiasaan. Salah satu faktor terbesar yang berkontribusi terhadap kebiasaan menunda adalah persepsi bahwa tugas tersebut akan selesai dengan sendirinya.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Selasa (26/7/2022) telah merangkum apa arti procrastination, sebagai berikut.

Apa Arti Procrastination?

Merujuk pada laman web Verywell Mind, Procrastination diartikan sebagai tindakan menunda-nunda tugas atau pekerjaan hingga menit terakhir atau bahkan melewati tenggat waktu yang diharuskan.

Beberapa peneliti mendefinisikan tindakan penundaan ini sebagai bentuk kegagalan pengaturan diri yang ditandai dengan penundaan tugas atau pekerjaan yang tidak rasional meskipun berpotensi menimbulkan konsekuensi negatif.

Kebanyakan orang yang menunda-nunda, akan mengesampingkan waktu pengerjaan tugas-tugas penting dan bermakna. Dirinya justru secara sadar maupun tidak akan mengerjakan aktivitas-aktivitas yang sebenarnya tidak terlalu penting.

1. Biasakan Selesaikan Pekerjaan Tepat Waktu

Cara ini hadir untuk membantu seseorang dalam menyelesaikan tugas paling penting dan mendesak setiap hari, sekaligus membantu kamu memprioritaskan pekerjaan sesuai jadwal dan membatasi tugas baru.

Dengan menerapkan cara ini, kamu akan dapat mengelola lebih banyak aktivitas dalam sehari dan pastinya dengan lebih sedikit stres serta kelelahan yang dirasakan.

2. Alokasikan Waktu “Me Time” Secara Rutin

Istilah “Me Time” merupakan waktu yang dialokasikan hanya untuk kamu sendiri tanpa seorang pun dapat mengganggunya. Kamu dapat memanfaatkan waktu ini untuk fokus pada perencanaan jangka panjang dan introspeksi keseluruhan dari apa yang telah kamu lakukan selama ini.

Kamu bisa mengevaluasi diri terkait seberapa jauh kamu telah bergerak maju akhir-akhir ini. Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan arah mana yang ingin dituju dalam hidup dan untuk memikirkan apa yang dapat kamu tingkatkan lebih jauh.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.