GenPI.co – Ulama kondang KH Ahmad Bahauddin Nursalim alias Gus Baha membeberkan kajian Islam terkait adanya orang berilmu atau orang alim yang tidak disukai Allah SWT.

Hal tersebut diungkapkan Gus Baha dalam ceramah yang diunggah di kanal YouTube Santri Gayeng pada 7 September 2020.

Menurut Gus Baha, ada orang berilmu yang tidak disukai oleh Allah, bahkan dosa mereka bisa dua kali lipat dari perbuatan dosa yang dilakukan oleh orang awam.

BACA JUGA:  3 Zodiak Paling Ambisius, Masa Depan Cerah Bikin Bahagia

Seperti diketahui, dalam Al-Quran sendiri sudah dijelaskan, Allah SWT akan meninggikan derajat seseorang yang beriman serta memiliki ilmu pengetahuan.

Ilmu merupakan anugerah yang diberikan Allah SWT kepada manusia agar bisa membedakan antara hak dan batil, bisa memilah mana yang benar dan mana yang salah.

BACA JUGA:  Kajian Gus Baha: Amalan untuk Tolak Bala

Gus Baha pun mengungkapkan ada satu jenis orang pandai atau orang berilmu, tapi tidak disukai Allah SWT.

“Allah memberikan ilmu kepada hamba-hambanya salah satu tujuannya ialah agar orang tersebut tidak hubbud dunya (tidak menyukai dunia),” kata Gus Baha dikutip GenPI.co, Selasa (26/7/2022).

BACA JUGA:  Kajian Buya Yahya: Boleh Membunuh Semut, Tapi Jangan Dibakar

Namun, ketika ada orang berilmu, tetapi dia mencintai dunia secara berlebihan, hingga melupakan urusan akhirat, maka orang seperti ini masuk kategori orang berilmu yang tidak disukai Allah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.