JAKARTA, celebrities.id – Makanan yang mengandung asam folat tentunya sangat baik untuk ibu hamil. Pasalnya, makanan ini juga bisa memperbaiki semua gizi baik bagi bayi dalam kandungan ataupun si ibu hamil. 

Asam folat merupakan vitamin yang larut air. Apalagi, ibu hamil perlu etos kerja lebih untuk bayi dan tubuh sendiri dari vtamin B9 dalam asam folat. 

Penasaran apa saja makanan asam folat bagi ibu hamil? Melansir dari healthline, Minggu (28/8/2022), berikut makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil. 

Makanan yang Mengandung Asam folat 

1.Pepaya 

Pepaya adalah buah dari wilayah tropis padat nutrisi yang berasal dari Meksiko Selatan dan Amerika Tengah. Selain enak dan penuh rasa, pepaya juga kaya akan folat. 

Satu cangkir (140 gram) pepaya mentah mengandung 53 mcg asam folat, yang setara dengan sekitar 13 persen DV. Selain itu, pepaya kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan seperti karotenoid. 

Wanita hamil harus mempertimbangkan untuk menghindari makan pepaya mentah. Para peneliti memiliki pandangan, bahwa makan pepaya mentah dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan kontraksi dini pada wanita hamil, tetapi buktinya lemah. 

2. Pisang 

Pisang jadi buah kedua yang kaya akan berbagai macam vitamin, mineral, dan pembangkit tenaga nutrisi. Buah sangat tinggi folat dan dapat dengan mudah membantu Anda memenuhi kebutuhan harian, ketika dipasangkan dengan beberapa makanan kaya folat lainnya. 

Pisang ukuran sedang dapat memasok 23,6 mcg asam folat, atau 6 persen dari DV. Pisang juga kaya nutrisi lain, termasuk potasium, vitamin B6, dan mangan. 

3. Alpukat 

Selanjutnya, ada alpukat sangat populer karena teksturnya yang lembut dan rasa menteganya. Selain rasanya yang unik, alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari banyak nutrisi penting, termasuk asam folat. 

Setengah dari alpukat mentah mengandung 82 mcg folat, atau sekitar 21 persen dari jumlah yang Anda butuhkan sepanjang hari. Apalagi, alpukat kaya akan potasium dan vitamin K, C, dan B6. Diketahui, alpukat juga tinggi lemak tak jenuh tunggal sehat untuk jantung, yang dapat melindungi diri dari penyakit jantung. 

4. Brokoli 

Terkenal karena banyak khasiatnya yang meningkatkan kesehatan, brokoli masuk deretan makanan mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. 

Untuk asam folat sendiri, satu cangkir (91 gram) brokoli mentah mengandung sekitar 57 mcg asam folat, atau sekitar 14 persen DV. Brokoli juga tinggi mangan dan vitamin C, K, dan A. 

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.