JAKARTA, celebrities.id – Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dapat menjadi pengingat bagi kita dalam lebih bijak untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di bumi.

Sumber daya planet bumi terbilang cukup terbatas dan efisiensi penggunaan kekayaan alam planet kita wajib dilakukan. 

Renewable resources adalah sumber daya alam yang jika ketersediaannya berkurang bahkan habis, bisa tersedia kembali melalui reproduksi atau pengembangbiakan serta membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama untuk ada kembali. Sementara, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui bisa habis jika digunakan atau dikonsumsi secara terus menerus.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Sabtu (16/7/2022) telah merangkum contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, sebagai berikut.

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Inilah beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan dapat dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup manusia, seperti yang dikutip dari laman web National Geographic.

1. Tenaga Air

Tenaga air merupakan salah satu sumber daya terbarukan tertua dan telah digunakan selama ribuan tahun.

Dengan tenaga air, energi mekanik dari air yang mengalir dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Pembangkit listrik tenaga air menggunakan aliran sungai dan aliran sungai untuk memutar turbin untuk menyalakan generator dan melepaskan listrik.

2. Panas Bumi

Energi panas bumi berasal dari panas yang dihasilkan jauh di dalam inti bumi. Panas bumi dapat ditemukan di batas lempeng tektonik dekat aktivitas vulkanik atau jauh di bawah tanah.

Energi panas bumi dapat dimanfaatkan dengan mengebor sumur untuk memompa air panas atau uap ke pembangkit listrik. Energi ini kemudian digunakan untuk pemanas dan listrik.

3. Energi Angin

Energi angin menghasilkan listrik dengan memutar turbin angin. Angin akan mendorong bilah turbin dan generator mengubah energi mekanik ini menjadi listrik.

Listrik ini dapat memasok listrik ke rumah dan bangunan lain, bahkan dapat disimpan di jaringan listrik.

4. Energi Biomassa

Biomassa didapat dari bahan organik tumbuhan atau hewan. Ini termasuk kayu, limbah dan etanol (yang berasal dari jagung atau tanaman lain).

Biomassa dapat digunakan sebagai sumber energi karena bahan organik ini telah menyerap energi dari matahari. Energi ini, pada gilirannya, dilepaskan sebagai energi panas ketika dibakar.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.