JAKARTA, celebrities.id – Istilah penting dalam dunia traveling wajib diketahui bagi kamu yang memiliki jiwa petualang. Pasalnya, hal tersebut dapat berguna dan menambah wawasan juga.

Lantas apa saja sih istilah-istilah yang tepat untuk ngegambarin kegiatan tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/8/2022) simak ulasannya berikut ini:

Istilah Penting dalam Dunia Traveling

1. Staycation

Istilah traveling yang pertama yaitu Staycation. Istilah tersebut sedang digandrungi dan sering diucapkan oleh generasi milenial. Staycation merupakan gabungan kata berasal dari kata bahasa Inggris Stay yang artinya menetap atau tinggal, cation berasal dari vacation yang artinya perjalanan liburan.

Sehingga staycation diartikan sebagai kegiatan liburan yang hanya berada di satu kota dan menginap seharian di hotel atau penginapan. Agar staycation lebih memorable, banyak wisatawan atau turis milih penginapan yang atraktif dari segi visual dan fasilitasnya bisa nunjang kegiatan mereka. Misalnya, penginapan Instagramable, bisa nonton via Netflix, dan sebagainya.

2. Mepo

Selanjutnya istilah traveling yaitu Mepo. Mepo cukup populer di kalangan para pencinta alam atau petualang. Mepo merupakan singkatan dari Meeting Point yang artinya tempat berkumpul sebelum memulai keberangkatan menuju destinasi.

3. Share Cost

Share Cost pada prinsipnya adalah biaya-biaya yang telah disepakati dibagi rata dengan semua peserta trip. Biaya tersebut bisa seluruh biaya yang dibutuhkan, bisa juga hanya item tertentu yang disepakati saja. Seluruh biaya yang dibagi rata adalah biaya aktual saat trip. Bisa juga dalam share cost satu orang menjadi koordinator.

Hal ini dilakukan bila perjalanan membutuhkan persiapan panjang, satu orang inilah yang akan mengurus beberapa urusan seperti pemesanan hotel, transportasi atau akomodasi.

4. Glamping

Gambaran lebih mudahnya, kamu lagi camping di satu daerah. Tapi, penginapannya mewah dan fasilitasnya hampir sama kayak hotel. Poinnya adalah tetap camping dengan versi glamor. Oleh karena itu disebut glamping yang berasal dari singkatan kata glamour dan camping.

5. Backpacker

Backpacker merupakan istilah yang identik dengan perjalanan mandiri, atau traveling kemampuan sendiri tanpa paket wisata. Biasanya orang-orang yang melakukan backpacker identik dengan tas ransel dan selalu mengutamakan kemurahan, seperti tempat makan dan penginapan di tempat wisata tersebut.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.