JAKARTA, celebrities.id – Menjaga kesehatan merupakan kewajiban setiap orang. Terlebih mereka  yang memiliki  kolesterol tinggi, tentu perlu diturunkan.  

Dalam menurunkan kolesterol jahat, beragam cara bisa dilakukan seperti mengonsumsi buah-buahan. Lantas buah apa yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (14/8/2022). 

1. Alpukat 

Buah yang dikenal berbuah lunak ini, memilliki khasiat untuk kesehatan yaitu menurunkan kolesterol jahat hingga darah tinggi. Alpukat juga dikenal sebagai buah diet, karena mengandung lemak tak jenuh dan kalium.  

Sehingga aman dikonsumsi bagi kesehatan, sebab kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan lainnya dalam buah alpukat, terdapat senyawa dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol.  

“Diet sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tingkat optimal, dan penelitian telah menunjukkan bahwa termasuk makanan tinggi nutrisi tertentu seperti kalium dan magnesium, mengurangi tingkat tekanan darah,” tulis keterangan dalam Healthline.

2. Kiwi 

Buah yang dikenal mengandung vitamin C dan serat larut air baik untuk tubuh. Ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. 

Dengan mengonsumsi tiga buah kiwi, dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik 24 jam dibandingkan dengan satu apel sehari.  

3. Tomat 

Tomat mengandung lycopene secara signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung, dan makan makanan tinggi nutrisi. Dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi hingga kolesterol. 

4. Pepaya 

Buah yang memiliki rasa manis dan bertekstur lembut ini bermanfaat bagi kesehatan. Memiliki 3 kandungan vitamin C, vitamin E dan likopen.  

Rajin mengonsumsi buah pepaya tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, terbentuknya plak dalam pembuluh darah juga dapat dicegah. 

5. Jambu Biji 

Buah yang mengandung vitamin C ini juga memiliki manfaat mampu menurunkan kolesterol jahat. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengkonsumsi 400 gram jambu biji setiap hari, membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.  

Tidak hanya itu, antioksidan dalam tubuh juga turut meningkat, sehingga juga bisa menyehatkan kulit.

Editor : Tia Ayunita


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.