3 Kebiasaan Sepele Ampuh Lawan Stroke, Terapkan Sejak Dini - GenPI.co
Ilustrasi stres. foto: envato elements

GenPI.co – Penyakit stroke terjadi ketika pasokan darah menuju otak terganggu atau sama sekali berkurang, sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi. 

Dalam beberapa menit, sel-sel otak mulai mati. Namun jangan khawatir, penyakit ini bisa dicegah melalui 3 gaya hidup sehat sejak muda. Berikut ulasannya dilansir dari Healthy Guide:

1. Batasi konsumsi garam

Bagi yang memiliki riwayat penyakit ini, maka sebaiknya hindari penggunaan garam yang berlebihan serta konsumsi makanan atau minuman yang mengandung natrium tinggi.

BACA JUGA:  Studi: Perempuan Introvert Berisiko Terserang Stroke Lebih Besar

Jumlah natrium yang tinggi yang ada di dalam garam serta makanan kemasan merupakan salah satu pemicu munculnya gangguan pembuluh darah yang terjadi pada tubuh.

2. Rutin berolahraga

Sebuah studi menemukan, berjalan dua jam per hari bisa mengurangi risiko perempuan menderita stroke sekitar 50 persen.

BACA JUGA:  Berita Duka: Musisi Senior Meninggal Karena Stroke

Lebih dari itu, aktif melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah. Kedua hal ini berhubungan erat dengan risiko stroke.

3. Kurangi stres

Jika kamu merasa berat menjalani gaya hidup sehat karena terlalu banyak kebiasaan buruk yang harus diubah, hal pertama yang perlu dilakukan ialah rileks dan kurangi stres.

BACA JUGA:  Waspada, 4 Tanda Gejala Stroke Ringan yang Sering Diremehkan

Penelitian menemukan stres yang tinggi berhubungan dengan tekanan darah yang lebih tinggi dan ini memunculkan risiko stroke lebih besar, terutama pada perempuan.

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.