Upaya BI dan Kemenko Perekonomian Dorong Digitalisasi Pembayaran

Menurut data yang diterbitkan Bank Indonesia, per Mei 2022, terdapat 18.7 juta dari berbagai merchant termasuk UMKM yang telah mengadopsi QRIS sebagai solusi pembayaran non-tunai. Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI serta asosiasi kembali menyelenggarakan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 pada 11 – 15 Juli 2022 guna mendukung kebijakan dan inisiatif digitalisasi sistem pembayaran. Kegiatan ini sekaligus bagian dari rangkaian acara G20 presidensi Indonesia 2022 (side event G20).

Direktur Utama PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin)Gemma Pratama mengatakan, sebagai bagian dari Grup Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), sudah sejak awal platform aplikasi Xplorin disiapkan untuk menjadi integrator utama terintegrasi yang bisa berkolaborasi optimal dengan beragam mitra strategis berbasiskan digital sebagai bagian dari program pemulihan pariwisata Indonesia yang dimulai dari digitalisasi dan monetisasi berbagai aset strategis dari Grup ITDC, seperti halnya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

“Cukup mudah prosesnya, cukup melakukan aktivasi saldo uang elektronik di aplikasi Xplorin secara langsung hanya dengan menggunakan nomor telpon wisatawan asing yang bersangkutan dari negara manapun dirinya berasal,” terang Gemma.

Xplorin berkolaborasi bersama dengan PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), perusahaan penyedia jasa solusi sistem pembayaran digital, khususnya untuk dapat memberikan layanan aktivasi uang elektronik bagi Wisatawan Asing di aplikasi Xplorin.

Xplorin juga berkolaborasi PT Bali Hastie Indomalaya Valuta salah satu perusahaan pedagang valuta asing (Money Changer) di Bali untuk dapat langsung memudahkan para wisatawan asing untuk melakukan penukaran mata uang asing dengan mata uang Rupiah. Mereka kemudian bisa meningkatkan saldo uang elektroniknya selama berlangsungnya FEKDI 2022. Sehingga diharapkan para wisatawan asing tersebut bisa langsung merasakan beragam benefit dan kemudahan pembayaran QRIS diseluruh penjuru Indonesia melalui aplikasi Xplorin.

Sebelumnya, Xplorin sudah digunakan sebagai master ticketing platform dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 serta saat ini juga dalam penyelenggaraan Mandalika Track Walk di Sirkuit Pertamina Mandalika. Selain itu saat ini, Xplorin juga sedang kembali bersiap untuk dapat menfasilitasi penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2022 bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

CEO Netzme, Vicky G. Saputra, menambahkan pada event FEKDI 2022 ini, kolaborasi strategis bersama dengan Xplorin ini diharapkan bisa menjadi showcase inovasi dan kolaborasi yang cukup menarik serta prospektif untuk dapat ditindaklanjuti dalam koridor sandbox Bank Indonesia.

“Kami berharap ini dapat lebih mendukung pemulihan pariwisata Indonesia lebih cepat lagi dengan memanfaatkan ekosistem QRIS, yang saat ini merupakan salah satu sistem pembayaran non-tunai terluas di Indonesia, bahkan bukan tidak mungkin se-Asia Tenggara dalam waktu dekat, terlebih ketika implementasi QRIS Cross Border bisa semakin diperluas,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.