United Tractors Luncurkan Excavator Ramah Lingkungan

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan Net Zero Emission (NZE) atau nol emisi karbon pada tahun 2060 mendatang. Zero Emission dilakukan untuk mengatasi perubahan iklim yang terjadi di masa depan, yang antara lain disebabkan oleh tingginya kadar emisi gas buang dari kendaraan bermotor dan industri.

Untuk membantu menciptakan ekosistem ramah lingkungan dan mengedepankan keberlanjutan, PT United Tractors Tbk dan Komatsu meluncurkan produk excavator hybrid untuk kelas 30 ton, yaitu Komatsu HB365-1. Excavator ini menggunakan komponen hybrid yang lebih tahan lama bisa memanfaatkan energi listrik. Sehingga dapat mengurangi jejak emisi hingga 13 kg/jam dan menghemat bahan bakar 17% jika dibandingkan dengan excavator model non-hybrid.

“Bersama Komatsu yang merupakan pionir dalam menghadirkan excavator hybrid di Indonesia, kami terus melakukan inovasi agar dapat berperan aktif meminimalisir dampak negatif kepada manusia dan lingkungan dan berkontribusi secara bertahap mewujudkan Indonesia yang bebas dari emisi,” ujar Corporate Governance & Sustainability Division Head United Tractors Sara K. Loebis.

Kehadiran Komatsu HB365-1 merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mengembangkan produk ramah lingkungan. Hal ini sejakan dengan implementasi inisiatif Environmental, Social & Governance (ESG) perusahaan. “Secara terus menerus perusahaan juga melakukan upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca untuk mencegah kenaikan temperatur rata-rata bumi melalui efisiensi energi, pemanfaatan energi terbarukan, dan upaya konservasi lingkungan yang berdampak sebagai penyerap karbon,” ujarnya.

Komatsu HB365-1 dapat digunakan pada sektor tambang batu bara dan mineral yang terdiri dari nikel, emas, timah dan bauksit serta untuk pekerjaan konstruksi. Adapun keunggulan Excavator terbaru ini pertama, Efficient & Ecological Friendly dengan penghematan bahan bakar 17%. Kedua, Reliability & Safety. Ketiga, Guaranteed Comfort dengan jaminan standar selama 1 tahun untuk unlimited hours dan perpanjangan jaminan 4 tahun atau 20.000 jam untuk komponen hybrid secara gratis.

“Untuk memberikan dampak yang sustainable, Komatsu HB365-1 memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan oleh pergerakan mengayun dan putaran engine untuk menghasilkan energi elektrik yang disimpan di kapasitor melalui inverter,” ujar Marketing Division Head United TractorsEtot Listyono menambahkan.

Energi yang tersimpan tersebut, kata dia, digunakan kembali untuk pergerakan mengayun dan membantu putaran mesin. Hal ini yang membuat unit menjadi lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar karena beban kerja engine berkurang.

Komatsu HB365-1 juga dilengkapi dengan fitur Komatsu Machine Tracking System (KOMTRAX), yaitu teknologi pemantauan alat berat berbasis nirkabel milik Komatsu yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun melalui perangkat komputer maupun selular. Beberapa fitur KOMTRAX sudah terintegrasi dengan aplikasi digital milik United Tractors, yaitu UT Connect yang memudahkan pelanggan untuk memonitoring alat berat dan juga layanan lainnya seperti order tracking spare parts dan promo terbaru untuk suku cadang.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.