London: Pemakaman kenegaraan untuk Ratu Elizabeth II akan diadakan pada Senin, 19 September pukul 11.00 pagi, di Westminster Abbey. Hal ini diumumkan oleh Istana Buckingham mengumumkan pada  Sabtu 11 September 2022.
 
Dilansir dari The New York Times, Ratu, yang meninggal pada Kamis 8 September di Kastil Balmoral, tempat peristirahatan musim panasnya di Dataran Tinggi Skotlandia, sekarang terbaring di ruang dansa kastil. Peti mati kayu eknya terbungkus dalam panji kerajaan Skotlandia.
 

Pada Minggu 18 September 2022, enam pengawas binatang buruan dari perkebunan akan membawa peti mati Elizabeth dari ruang makan di Balmoral ke mobil jenazah, yang akan membawanya dalam perjalanan memutar selama enam jam ke Edinburgh, melalui Aberdeen. Penjaga kehormatan akan menerimanya di Istana Holyroodhouse, kediaman resmi ratu di Skotlandia.
 
Keesokan harinya pada 19 September, peti mati ratu akan dibawa di Royal Mile, rute besar melalui Kota Tua Edinburgh, ke Katedral St. Giles, di mana akan ada kebaktian dan berjaga-jaga. Raja Charles III dan Ratu Camilla akan menjadi bagian dari prosesi itu, dengan beberapa anggota keluarga kerajaan berjalan di belakang peti mati dan yang lainnya mengendarai kendaraan.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ratu akan disemayamkan di Edinburgh sampai Selasa 20 September sore, ketika peti matinya akan dibawa ke jet Royal Air Force. Pesawat ini akan mengangkutnya ke pangkalan udara Northolt di sebelah barat London. Ini akan dimuat ke mobil jenazah negara bagian dan dibawa ke Istana Buckingham, tiba pada pukul 8 malam, ketika akan ditempatkan di trestle di ballroom.
 
Pada Rabu 21 September 2022 pukul 14:22, peti mati ratu, yang sudah dihiasi dengan mahkota negara kerajaan dan karangan bunga, akan dibawa dengan kereta api dalam prosesi diam dari Istana Buckingham. Rombongan kemudian melintas The Mall dan melewati Parade Penjaga Kuda, membuat perjalanan ke Westminster Hall di Istana Westminster.
 
Setelah restu oleh uskup agung Canterbury, Justin Welby, ratu akan disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari hingga pagi hari pemakaman, ketika peti matinya akan dipindahkan lagi ke Westminster Abbey di dekatnya.
 
Istana Buckingham menolak untuk memperkirakan berapa banyak orang yang akan melewati peti matinya selama periode itu. meskipun berdasarkan pemakaman lain untuk anggota anggota kerajaan, kemungkinan ada puluhan, atau bahkan ratusan ribu warga yang menanti.

Libur nasional

Raja Charles III, yang telah diproklamasikan secara resmi sebagai raja baru Inggris pada Sabtu, 10 September 2022, mendeklarasikan hari pemakaman Ratu Elizabeth II sebagai hari libur nasional.
  

Dalam deklarasi personal di seremoni aksesi di Istana St James, Raja Charles III bertekad mengikuti “contoh menginspirasi” dari kepemimpinan sang ibunda tercinta.
 
“Dalam mengemban tugas berat yang diberikan ini, di mana saya akan mendedikasikan seluruh sisa hidup saya, saya berdoa meminta panduan dan bantuan dari Tuhan,” ujar Raja Charles III.
 
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua warga Inggris dan masyarakat dunia yang telah mengungkapkan rasa simpati atas berpulangnya Ratu Elizabeth II. 
 
“Saya merasa sangat tersentuh dengan simpati yang diekspresikan begitu banyak orang. Rasa sayang dan dukungannya juga begitu luar biasa,” tutur Raja Charles III.
 
Pria 73 tahun itu menyinggung mengenai “pelayanan tanpa pamrih” Ratu Elizabeth II, dan bagaimana kekuasaannya merupakan sesuatu yang tak tertandingi dalam hal “durasi, dedikasi dan pengabdian.”
 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.