Jakarta: Sebanyak 2.974 anggota Kompenen Cadangan (Komcad) TNI Tahun 2022 dikukuhkan di Lapangan Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto personel Komcad memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.
 
“Terus berikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” kata Prabowo mengutip Mediaindonesia.com, Minggu, 11 September 2022.
 
Prabowo datang langsung ke Batujajar untuk melaksanakan penetapan Komcad 2022 yang diikuti 2.974 orang, pada Kamis, 8 September 2022. Prabowo mengatakan UUD 1945 pasal 27 dan Pasal 30 mengamanatkan setiap warga negara berhak wajib ikut serta dalam pembelaan negara dan tiap warga negara wajib ikut serta dengan usaha pertahanan dan keamanan negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun UU nomor 23 tahun 2019 tentang pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara telah mengamanatkan dibentuknya komponen cadangan yang berasal dari unsur warga negara yang dilakukan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan. 
 
“Komponen cadangan jumlah 2.974 orang terdiri dari rindam II/Sriwijaya 450 orang, rindam VI/Mulawarman 500 orang, rindam IV Hasanuddin 500 orang, komando pendidikan marinir TNI AL 499 Orang, Pusdiklat Kopaska TNI AU 500 orang, Pusdik Kowad TNI AD 50 Orang dan Universitas Pertahanan Republik Indonesia 475 orang,” tutur dia.

Acara penetapan Komcad 2022 diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh bapak Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi oleh Menhan. Kemudian penyampaian laporan terkait pelaksanaan Pembentukan Komponen Cadangan TNI TA. 2022 oleh Menhan, pernyataan resmi Wapres dan penyerahan Tunggul Satuan Komponen Cadangan kepada tiap-tiap komandan batalion.
 
Usai upacara, para Komcad menunjukkan atraksi kemampuan yang selama ini telah dilatih seperti kolone senapa, bongkar pasang senjata dengan mata tertutup, bela diri militer, demonstrasi pemecahan dan pematahan, senam balok, halang rintang, demo sparko Komcad, dan Fly Pass pesawat oleh Komcad matra udara. Rangkaian acara selanjutnya ditutup dengan defile (parade) baris-berbaris pasukan Komcad 2022.
 

(LDS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.