Yreka: Kebakaran hutan di California dan Montana terus-menerus terjadi pada Minggu 31 Juli 2022, sementara para petugas pemadam tengah berusaha melindungi masyarakat. Cuaca panas serta angin berhembus di seluruh dataran barat Amerika Serikat (AS) yang kering memicu potensi kebakaran hutan semakin luas.
 
“Kebakaran McKinney berlangsung tak terkendali di Hutan Klamath California Utara serta badai petir yang tidak menentu terus menyapu wilayah tepat di garis selatan negara bagian Oregon,” kata Juru Bicara Dinas Kehutanan AS, Adrienne Freeman, dilansir dari Channel News Asia, Senin, 1 Agustus 2022.
 
“Bagian permukaan sangatlah kering dan (kebakaran) dapat meluap begitu saja dari petir yang menyambar. Petir-petir yang datang disertai angin kencang yang tidak menentu dapat meniupkan api ke segala arah,” ujar Freeman.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan laporan insiden pada Minggu, kebakaran menjulang dalam ukuran lebih dari 207 kilometer persegi hanya dalam waktu dua bulan setelah bergejolak di sebagian besar area Kabupaten Siskiyou. Ini adalah wilayah tak berpenghuni.
 
“Kebakaran kedua yang lebih kecil pada bagian barat yang dipicu oleh kilat kering pada Sabtu mengancam kota kecil Seiad. Sekitar 400 rumah terancam oleh dua kebakaran hutan California,” ujar Freeman.
 
Menurut Badan Cuaca Nasional, di Montana, kobaran api di padang rumput dekat kota Elmo menjadi lebih dari 28 km persegi setelah meluas ke area hutan. Suhu di barat Montana dapat melonjak hingga 36 derajat Celcius pada Minggu siang, diliputi dengan angin kencang.
 
Sekitar 320 km dari selatan, penduduk Idaho mendapatkan perintah evakuasi pada hari Sabtu saat Kebakaran Rusa di Hutan Nasional Salmon-Challis menghanguskan lebih dari 174,8 km persegi di lahan berhutan dekat kota Salmon. Kira-kira 17 persen dari kebakaran tersebut berhasil dikendalikan pada Sabtu 30 Juli 2022.
 
Akibat Kebakaran McKinney semakin intens, Gubernur California, Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat pada Sabtu lalu. Dengan adanya pengumuman tersebut, memungkinkan Newsom dalam membuat keputusan tanggap darurat, serta upaya pemulihan dan mengakses bantuan federal secara fleksibel.
 
Para petugas California mendesak penduduk Kota Yreka Fort Jones untuk keluar dan mengevakuasikan diri serta hewan ternak mereka dengan aman ke dalam trailer. Panggilan otomatis juga diarahkan ke telepon darat karena ada sejumlah area yang tidak memiliki layanan telepon seluler.
 
Asosiasi Jejak Pantai Pasifik mendesak para pejalan kaki untuk berevakuasi ke kota terdekat selama Dewan Kehutanan AS menutup jalur sepanjang 177 km dari Puncak Etna hingga Gunung Ashland di Oregon Selatan.
 
Di bagian barat Montana, Kebakaran Elmo akibat hembusan angin memaksa perumahan untuk dievakuasi dan hewan ternak lainnya berlarian melintasi area rerumputan dan hutan. National Interagency Fire Center mengestimasikan butuh waktu hampir sebulan untuk memadamkan kebakaran tersebut.
 
Sebagian jalan raya di km 28, antara Sumber Air Panas dan Kota Elmo ditutup akibat asap tebal menurut Departemen Perhubungan Montana. (Gracia Anggellica)

 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.