Jakarta: Belum banyak tempat kuliner yang menawarkan sajian khas Sambas, Kalimantan Barat di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Kedai kopi Ko Acung coba mengisi kekosongan itu.

Setelah membuka gerai pertamanya di Bintaro pada tahun lalu, mereka membuka cabang kedua di Jalan Sabang, Jakarta Pusat. Keberadaannya di pusat Ibu Kota membuat kebanyakan para tamu hadir para pekerja di sekitar sana. Sedangkan keluarga besar biasanya datang di akhir pekan.

Kopi Ko Acung menghadirkan menu andalan berupa Sop Singkong Kuah Sapi berisi Misoa, Singkong Rebus, dengan topping irisan daging sapi, ikan teri, kacang goreng yang disiram kuah kaldu sapi. Tak ketinggala disajikan dengan perasan Jeruk Sonkit dan Sambal Khas Kalimantan. Menu ini merupakan resep tradisi turun-temurun keluarga Ko Acung yang sudah melintasi banyak generasi.

Menu khas Peranakan Kalimantan Barat lainnya adalah Sop Ikan Teri, Kincipan, Sate Kuah, Bubur Padas dan Bubur Sapi. Ada juga camilan seperti Pisang Goreng Selai Kaya yang renyah dari Pisang Kalimantan.  Masih ada Choipan yang kulitnya begitu lembut dan punya cara makan ala Kopi Ko Acung yang membuatnya semakin nikmat. Tersedia juga berbagai menu pilihan aneka Nasi, Kwetiau, Bakmi, Camilan seperti Tahu Cabai Garam, Platter Gorengan dan Rebusan.

“Semua menu di Kopi Ko Acung halal, tidak mengandung B2 (NO PORK, NO LARD),” kata Direktur Utama Kopi Ko Acung, Kenneth Kuwantto.

Mengenal Sensasi Kuliner Khas Kalimantan Barat di Kedai Kopi Ko Acung

Sementara untuk sajian minuman terdapat aneka minuman kopi origin atau single origin. Untuk pengunjung yang tidak menyukai kopi ada pilihan minuman lain seperti jus sehat, Es Jeruk Sonkit, Es Lidah Buaya Es Soda Kitna sampai Minuman Badak yang melegenda.

“Kami memiliki ruang meeting  berkapasitas 15 orang, smoking area dan private room. Private room ini maksudnya bisa untuk acara ulang tahun, gathering, arisan, presentasi dan banyak lagi. Berkapasitas maksimal 40 orang, private room sudah dilengkapi sound system, WIFI, dan proyektor,” ujar Kenneth.  

Selain bersantap, Kopi Ko Acung Sabang dilengkapi sarana hiburan seperti nonton bareng bola Liga Eropa hingga nanti Piala Dunia 2022. Setiap harinya juga ada live music berupa pop akustik yang bisa dinikmati para pengunjung mulai dari jam 19.00-22.00 WIB.

“Setiap akhir peka tepatnya hari Minggu kami khusus menggelar Mandarin Night. Sesuai slogan Kopi Ko Acung ‘Selalu Bahagia’, kami ingin menghadirkan suasana yang hangat dan santai bagi setiap pengunjung agar merasa nyaman serasa di ruang tamu rumah teman sendiri,” tutup Kenneth.

 
(ELG)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.