Merdeka.com – Berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkan sektor pariwisata di Solo, salah satunya pada Pura Mangkunegaran. Revitalisasi bagian yang rusak akibat dimakan usia menjadi fokus utama.

Penguasa Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara X mengklaim pihaknya telah mendapatkan dukungan dari BUMN. Bahkan dalam waktu dekat, bakal ada beberapa kerja sama yang dilakukan pihaknya dengan BUMN. Revitalisasi nantinya akan difokusksn pada fisik bagian luar Pura Mangkunegaran.

“Kami terus berupaya menghidupkan sisi luar Mangkunegaran biar lebih produktif. Sehingga kegiatan Mangkunegaran akan lebih aktif secara menyeluruh. Baik untuk pariwisata maupun kegiatan kebudayaan lainnya,” kata Mangkunegara X seusai mengikuti Upacara dan Festival Bakti BUMN di Pameran Mangkunegaran, Rabu (17/8).

Nantinya diharapkan bakal lebih aktif menggelar berbagai kegiatan yang bisa dihadiri masyarakat. “Harapannya Pura Mangkunegaran bisa menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat Kota Solo,” bebernya.

Salah satu kegiatan awal adalah upacara memperingati HUT kemerdekaan RI yang dilakukan hari ini.

“Kami ingin membuka diri untuk umum. Jadi tidak hanya terbatas untuk kalangan tertentu,” tandasnya.

Dalam kesempatan sana, Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono mengatakan pihaknya siap mendukung revitalisasi Pura Mangkunegaran. Bentuk dukungannya tergantung program yang direncanakan Mangkunegara X. Setelah melihat program tersebut, BUMN bakal mendukung dari sisi yang sesuai. Baik dalam jangka panjang maupun pendek.

“Nanti akan kami kolaborasikan dengan Indonesian Financial Group (IFG) dan BUMN lainnya. Kegiatan hari ini jadi awal yang baik. Komunikasi dan koordinasi yang terjalin selama ini sudah cukup baik melihat kebutuhan Pura Mangkunegaran,” jelas dia.

Kegiatan Upacara dan Festival Bakti BUMN di Pameran Mangkunegaran merupakan rangkaian acara program relawan bakti BUMN batch kedua. Edi menyebut pihaknya telah memilih enam area di seluruh Indonesia yang dirasa butuh bantuan lebih. Salah satu areanya, Pura Mangkunegaran.

“Enam area ini kami seleksi berdasarkan kriteria. Melihat program TJSL yang sudah dilakukan di sana. Relawan akan masuk untuk menyempurnakan program yang sudah berjalan. Nah, berdasarkan kriteria itu, Pura Mangkunegaran termasuk lolos seleksi kami,” katanya.

Rangkaian acara tersebut diawali dengan upacara bersama Mangkunegara X, direksi dan relawan bakti BUMN. Dilanjutkan pemberian bantuan kepada anak abdi dalem Pura Mangkunegaran. Dimeriahkan dengan lomba 17-an bersama relawan bakti BUMN dan abdi dalem Pura Mangkunegan.

[cob]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.