Merdeka.com – Ganjar Pranowo meminta alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) berperan aktif dalam menyelesaikan problem bangsa di daerahnya masing-masing. Seperti slogan yang selalu dipegang alumni Gadjah Mada, yakni migunani alias bermanfaat untuk semua masyarakat.

“Sing penting kui guyub, rukun lan migunani (yang penting itu guyub, rukun dan bermanfaat bagi masyarakat),” kata Ganjar saat melantik pengurus cabang Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) Banyuwangi dan Jember, Minggu (28/8).

Ganjar yang juga Ketua Pengurus Pusat KAGAMA mengatakan, untuk bisa migunani pada masyarakat, hal yang utama adalah guyub dan rukun. Hubungan antar anggota KAGAMA harus dijaga agar berjalan baik.

“Caranya bagaimana? Berkegiatanlah yang menyenangkan. Ojo serius-serius (jangan terlalu serius) dan jangan tegang-tegang. Sing penting seneng (yang penting bahagia),” ucap Gubernur Jawa Tengah ini.

Maka itu di KAGAMA banyak anggotanya yang berkegiatan sesuai dengan hobinya. Ada KAGAMA Orchid, organisasi alumni UGM pecinta anggrek, ada KAGAMA Lari Untuk Berbagi yang anggotanya pecinta lari, KAGAMA Yoga dan lain sebagainya.

“Kegiatannya ojo serius-serius, rodo receh tidak apa-apa. Tapi ada saatnya, ketika bangsa memanggil, kita punya kontribusi. Seperti di Banyuwangi ini, bagaimana kita berkontribusi pada pelestarian budaya tradisional. Di sini kan ada adat Osing yang luar biasa, ini harus dijaga dan dikembangkan. Ada UMKM, baju adat, hingga potensi lain termasuk generasi SDMnya. Di sini kan terkenal Farel, penyanyi cilik yang hebat. Nah saya yakin ada banyak potensi lain yang bisa diangkat oleh teman-teman,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pengda KAGAMA Jawa Timur, Arif Afandi mengatakan, sebenarnya pelantikan Pengcab KAGAMA Jember dan Banyuwangi ini sudah lama dijadwalkan. Namun karena pandemi, kegiatan baru terlaksana hari ini.

“Sudah nunggu lama sekali, teman-teman Jember dan Banyuwangi ini sudah menanti dilantik pak Ganjar. Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana,” katanya.

Arif mengatakan, meski baru dilantik, namun Pengcab KAGAMA Jember dan Banyuwangi sudah lama berkegiatan. Mereka aktif ikut dalam setiap kegiatan bersama masyarakat.

“Meski banyak yang sudah senior-senior, tapi semangat mereka luar biasa. Mudah-mudahan setelah pelantikan ini, mereka semakin aktif dalam berkontribusi pada daerahnya masing-masing dengan membawa nama baik UGM,” pungkasnya.

[hhw]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.