Kompetisi CARIpreneur Dorong Percepatan Penetrasi Digital UMKM

PT Dasa Karya Indonesia (CARInih) bersama Smesco Indonesia terus berupaya mendorong pengembangan pelaku UMKM sebagai salah satu pilar utama perekonomian. Salah satu bentuk dukungan tersebut melalui program CARIpreneur, merupakan wadah untuk UMKM berkompetisi. 

Mengusung tema ‘Serukan Kreasi Bisnismu Tanpa Batas’, kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya terutama dalam ranah digital melalui serangkaian kegiatan dan kompetisi.

“Lewat program ini, kami mengajak seluruh sahabat UMKM untuk terus bergerak aktif berkreasi dan berinovasi. Baik itu melalui produk, atau berbagai upaya dan kreasi yang dilakukan dalam mengembangkan usahanya, termasuk melalui pengoptimalan teknologi,” ujar Tan Leny Yonathan, Pendiri dan CEO PT DKI dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (25/08/2022).

Kompetisi ini dapat diikuti oleh seluruh UMKM, dengan catatan telah menjalankan usahanya selama 6 bulan. Nantinya peserta akan melalui tahapan seleksi awal, lalu peserta yang lolos akan mengikuti rangkaian aktivitas berupa workshop dengan berbagai topik, hingga finalnya akan dilakukan proses penjurian dengan memilih 3 pemenang terbaik.

“UMKM yang ikut program ini akan mendapat banyak hal dari para partner ekosistem dan komunitas kami yang ahli di bidangnya antara lain Smesco Indonesia, BNI, AdaKami, KompasTV, DBS, Paxel, Avantee, LinkUMKM BRI, Rumah BUMN, dan AstraPay,” tambah Leny.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Wientor Rah Mada, Smesco Indonesia – Direktur Bisnis & Pemasaran LLP KUKM mengatakan, “Digitalisasi merupakan satu cara agar UMKM bisa survive selama pandemi Covid-19. Jadi semua UMKM yang selamat dan berhasil melewati pandemi adalah champions. Ketika pandemi selesai, tentu strateginya berbeda, sekarang kata kuncinya bukan survive lagi tapi scale up.

Untuk itu, ia berharap adanya ajang ini dapat menjadi wadah UMKM untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya yang dari mikro menjadi menengah, ataupun dari informal menjadi formal.

“Ke depannya kami harap produk UMKM memiliki daya jual yang tinggi. Tak hanya membidik pasar lokal offline dan online, namun juga mancanegara melalui cross border transaction. Itu yang akan terus kami upayakan,” tuturnya.

Sementara itu, selain mendapat hadiah berupa uang tunai senilai ratusan juta rupiah, para pemenang kompetisi ini akan diberikan akses untuk modal usaha dari sponsor penyedia layanan keuangan, ongkos kirim gratis dari Paxel, review hingga endorse produk dari KompasTV lewat programnya ‘Butuh Uang? Berani Usaha!’.

Adapun pendaftaran program ini sudah dibuka sejak 25 Agustus hingga 17 September 2022, dan puncak kegiatannya akan dilaksanakan pada 17 Desember 2022.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.