Merdeka.com – Ibu negara Ukraina, Olena Zelenska meminta anggota parlemen Amerika Serikat (AS) memberikan lebih banyak bantuan untuk negaranya yang masih menghadapi invasi Rusia yang memasuki bulan kelima. Olena mengatakan senjata bisa membantu negaranya meraih kemenangan besar.

“Kita benar-benar hancur ketika dunia kita dihantam perang. Puluhan ribu kehidupan telah dihancurkan di Ukraina,” jelasnya melalui penerjemah dalam pidatonya selama 15 menit di DPR dan Senat AS.

Olena, istri dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, menunjukkan video anak-anak Ukraina yang terluka dan tewas dalam perang, termasuk bocah tiga tahun yang belajar memakai tangan palsu di Jerman.

“Berapa banyak anak-anak seperti dia ada di Ukraina? Berapa banyak keluarga seperti ini dihancurkan oleh perang? Ini adalah ‘Hunger Games’ Rusia,” ujarnya, merujuk novel dan film berjudul sama di mana orang-orang saling memburu dan membunuh.

“Saya meminta senjata, senjata yang tidak akan digunakan untuk melancarkan perang di tanah orang lain, tapi untuk melindungi rumah dan hak untuk hidup di rumah itu,” lanjutnya, dikutip dari laman Al Arabiya, Kamis (21/7).

“Jawabannya ada di sini di Washington, DC. Bantu kami untuk menghentikan teror melawan orang Ukraina ini dan ini akan menjadi kemenangan besar bersama atas nama kehidupan, kebebasan, dan pencarian kebahagiaan.”

AS telah menyalurkan USD 8 miliar bantuan untuk Ukraina sejak perang dimulai, termasuk USD 2,2 miliar bulan lalu. Anggota Kongres mengatakan mereka siap untuk memberikan bantuan lebih banyak untuk Ukraina.

“Mereka tidak meminta tentara AS. Mereka meminta senjata AS. Menurut saya saat ini waktunya untuk menghimpun paket bantuan untuk 2023 dengan pasokan senjata canggih dan bantuan perekonomian untuk tetap berjuang,” jelas Senator Republik, Lindsey Graham setelah pidato Olena.

“Apa yang kita lihat di sini adalah tragedi kemanusiaan di depan mata kita, orang-orang tak berdosa terbunuh. Mengapa? Karena mereka orang Ukraina. Itu genosida. Itu yang terjadi pada Perang Dunia II. Dan itu perlu dihentikan,” jelas Senator Demokrat, Richard Blumenthal.

Presiden Zelenskiy mengatakan dia berharap ada hasil signifikan dari kunjungan istrinya ke Washington. Olena bertemu Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden di Gedung Putih pada Selasa. [pan]

Baca juga:
Bos CIA: Tidak Ada Info Putin Sedang Sakit
Rudal Rusia Hantam Halte Bus dan Tewaskan Tiga Warga Sipil
Rusia Denda Google Rp5,5 Triliun karena Konten Ilegal
Dunia Memasuki Senjakala Dominasi Barat, Kebangkitan China dan Rusia
Presiden Ukraina Pecat Kepala Intelijen & Jaksa Agung karena Sekongkol dengan Rusia


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.