SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA – Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Surabaya menyiapkan rangkaian kegiatan besar jelang peringatan 50 tahun IKA Unair pada 10 November 2022 mendatang.

Ketua Panitia HUT Emas IKA Unair Dr Abdulloh Machin, dr, Sp.S (K) mengatakan, pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Emas IKA Unair ke-50, akan diadakan sejumlah kegiatan, yang tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi dalam rangka memperingati 50 tahun IKA Unair ini, PT IKA Unair akan mengadakan IKA Unair Emas. Dan ini adalah ulang tahun emas IKA Unair. Tentu harus berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Machin, Jumat (23/9/2022).

Machin menyebutkan, dalam kegiatan ini pihaknya telah menyusun rangkaian acara, di antaranya Ngaji Kebangsaan yang digelar pada 23 September 2022, dengan mendatangkan narasumber Emha Ainun Najib atau Cak Nun. Di situ, juga bakal dilakukan Kick-Off IKA Unair Emas.

“Pertama adalah Ngaji Kebangsaan di Tugu Pahlawan dengan narasumber Cak Emha Ainun Najib. Pada acara itu kita lakukan kick off untuk pelaksanaan IKA Unair Emas ini,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Muchsin, IKA Unair juga akan menggelar Bakti Sosial (Baksos) yang rencananya dilaksanakan di Kabupaten Tuban pada periode September-November 2022.

Di situ, akan ada bakti sosial untuk penanganan pasien stunting dan pemberian zakat produktif kepada para pengusaha ultra mikro.

“Pemberian zakat produktif pada pengusaha ultra mikro ini kita bekerjasama dengan BAZNAS Jatim. Selain itu, kita juga akan memberikan beasiswa kepada siswa SMA dan SMP. Kemudian kita lanjutkan dengan bakti lingkungan, yaitu pencanangan penanaman sejuta pohon mangrove. Yang nanti akan kita mulai di Pantai Semilir Tuban,” paparnya.

Selanjutnya, IKA Unair juga telah menyiapkan Seminar Internasional dengan menghadirkan pembicara handal. Isu ketahanan pangan, ketahanan finansial hingga ketahanan energi bakal dibahas dalam seminar tersebut.

“Kita juga akan memfasilitasi dari generasi millenial yang ada di Universitas Airlangga. Kita mengadakan Unair Festival. Di situ ada festival musik, festival seni juga ada di situ. Dan dilanjutkan dengan acara Reuni Akbar,” lanjutnya.

Muchsin menjelaskan, pada gelaran Reuni Akbar tersebut, diharapakan koneksi antar alumni Unair bisa terbangun. Sehingga, jaringan alumni Unair ini akan semakin kuat di tingkat nasional dan internasional.

“Karena Universitas Airlangga banyak alumni-alumninya yang aktif dan berkiprah di dunia internasional. Ada yang menjadi profesor di Inggris, Amerika. Apalagi di Malaysia, juga banyak. Maka kita harus fasilitasi itu untuk membuat koneksi supaya jaringan Universitas Airlangga akan semakin kuat,” ungkap Muchsin.

Di sisi lain, Muchsin menyampaikan, bahwa dalam rangka memperingati HUT ke-50 tahun ini, pihaknya memilih ‘IKA Unair Untuk Indonesia’ sebagai tema acara. Harapannya, para alumni Unair bisa memberikan manfaat tidak hanya bagi civitas akademika Unair, tapi juga bagi bangsa Indonesia.

“Kehadiran ikatan alumni Universitas Airlangga itu harus memberi manfaat. Manfaat bagi masyarakat, terutama di Indonesia. Jadi, alumni Unair tidak hanya bermanfaat bagi sivitas akademikanya, tapi juga harus bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, dan berperan aktif dalam mensupport kemajuan dari bangsa Indonesia,” tandasnya. ****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.