Eranyacloud Bantu Perusahaan Kelola Infrastruktur IT

PT Era Awan Digital memperkenalkan Eranyacloud, cloud service provider, yang dapat melayani Public and Private Cloud, Cloud Backup Protect, Disaster Recovery, Virtual Security Operation Center (vSOC), Web Application Security (WAF), Email Collaboration, dan Managed Services dengan multi-cloud capability.

“Eranyacloud merupakan full service cloud provider yang membantu perusahaan untuk mengelola seluruh infrastruktur IT mereka,” ungkap Shaanee Harjani, Chief Executive Officer Eranyacloud. Eranyacloud sendiri sudah mulai beroperasi sejak tahun 2020 lalu dan sudah memiliki sertifikasi ISO 9001/27001 sehingga aman untuk diaplikasikan.

Teknologi Eranyacloud menggunakan AMD EPYC prosessor untuk memberikan nilai dan kemanan sehingga pelanggan daat mencapai keunggulan kompetitif yang signifikan. Tidak hanya itu, prosesor juga didukung oleh all-flash storage yang 100% menggunakan storage berbasis NVMe. Teknologi tersebut akan memberikan performa terbaik untuk beban kerja kritikal pada infrastruktur IT.

Storage berbasis NVMe ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kecepatan server hingga sepuluh kal lebih cepat dari storage biasa,” kata Fani Fatullah, Chief Technology Officer Eranyacloud sambil mengatakan bahwa cloud service provider tersebut bisa digunakan oleh semua level usaha mulai dari Usaha Kecil Menengah (UKM), stratup hingga Korporasi.

Saat ini, Eranyacloud telah memiliki dua lokasi data center di Indonesia dengan level Tier 4 dan Tier 3 dengan jaminan uptime hingga 99,9% Service Level Agreement. Kedua zona yang tersedia tersebut memungkinkan penggunanya membangun skema Disaster Recovery.  “Skemanya adalah untuk mereplikasi layanan/aplikasi menjadi dua mesin fisik yang terpisah untuk meminimalkan dampak yang disebabkan oleh kegagalan suatu infrastruktur akibat bencana yang tidak terduga,” kata dia.

Ke depan, perusahaan akan terus melakukan inovasi khususnya di layanan cloud computing. Selain itu, Eranyacloud juga akan melakukan ekspansi layanan cloud solution dalam satu tahun ke depan. “Tujuannya adalah membantu para pelanggan menjadi lebih tangkas dalam bisnis IT-nya dan kami memperoleh kredibilitas dari pelanggan Eranyacloud sebagai penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia ,” ujar Shaanee menegaskan.

Sejak 2 tahun kemunculannya, Eranyacloud berhasil menggandeng berbagai korporasi terkemuka di Indonesia sebut saja Danone, Petrogas, Ayoconnect, Angkasa Pura Solusi, Gold’s Gym, dan lainnya.

Kemudian apa strategi yang akan dilakukan Eranyacloud untuk lebih bisa masuk ke market Indonesia?

Fani menjelaskan ada 2 strategi yang akan dilakukan oleh Eranyacloud di tahun ini. Pertama, memperbanyak kolaborasi dengan berbagai institusi dan organisasi sehingga Eranyacloud bisa diterima oleh pasar, termasuk sektor pemerintahan.

Kedua, fokus pada manage services sehingga dapat menemukan akar masalah yang menjadi bottle neck people and process. “Karena tantangan yang biasa dihadapi bisnis IP adalah teknologinya ready. Sementara people-nya belum ready,” kata Fani menutup pembicaraan. Dengan strategi yang diterapkan tersebut perusahaan percaya diri akan mencatatkan kenaikan revenue dari jumlah revenue yang dimiliki sekarang.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.