Dukungan Alita Agar Infrastruktur Teknologi Meningkat Efisiensi dan Kinerjanya

Dengan semangat kolaborasi, Alita menghadirkan teknologi Open RAN (Radio Access Network) guna membuka peluang kerja sama bagi berbagai perusahaan penyedia teknologi dan solusi teknologi bagi operator telekomunikasi dan pengguna jaringan komunikasi privat.

Jadi Alita adalah integrator sistem Open RAN lokal pertama di Indonesia yang telah melakukan uji coba hingga implementasi komersial di rural area Kalimantan.

Kolaborasi dalam pembangunan infrastruktur teknologi dalam mempercepat transformasi digital menjadi hal yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja.

Ini dibuktikan Alita dengan menggandeng Telecom Infra Project (TIP)- Komunitas global yang bekerja untuk mempercepat pengembangan/penyebaran teknologi konektivitas terbuka, terpilah, dan berbasis standar untuk membangun prototipe 5G NR dengan Open RAN yang berlokasi di TIP Lab, Telkom University, Bandung. Projek ini membangun sistem dari Core, Data Center, 5G Core, BBU(base-band unit) hingga RU (radio unit).

“Alita memiliki ekosistem penyedia perangkat, penyedia teknologi, dan penyedia jaringan dan dapat mengintegrasikan semuanya untuk menjadi solusi yang dibutuhkan oleh klien. “Kami tidak hanya memberikan pilihan teknologi tetapi juga memberikan solusi guna memecahkan masalah dengan memprioritaskan kebutuhan sesuai dengan kondisi yang ada,” ujar Direktur Utqma PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya.

Alita dapat memahami kebutuhan bisnis dan memberikan masukan kepada konsumen dengan solusi yang tepat untuk menjadi solusi bisnis yang terintegrasi.

Peran integrator sistem adalah sebagai pembuat solusi yang dapat menerjemahkan kebutuhan pengguna untuk pemenuhan solusi yang akan diimplementasikan, terintegrasi, dan dinikmati oleh pengguna.

Peran sistem integrator dimulai dengan mencari perangkat yang sesuai, melakukan design, meracik perangkat tersebut dengan adanya jaringan dari setiap lokasi, dan melakukan integrasi antar perangkat, solusi ,melakukan manajemen proyek dan pengembangan aplikasi di dalamnya sehingga sistem integrator menjadi penyedia solusi end-to-end untuk kebutuhan konsumen.

“Kami telah bergabung dengan Telecom Infra Project (TIP) sejak tahun 2019 dan menjadi bagian dari komunitas Global Open Access, termasuk Open RAN didalamnya. Kami pun telah berhasil melakukan uji coba integrasi Open RAN di TIP Community Lab pertama di Asia Tenggara, tepatnya berada di Kota Bandung,” tambah Teguh.

Dalam uji coba di community lab TIP, Alita melakukan pekerjaan memastikan perangkat yang diterima memenuhi spesifikasi rencana uji coba; menyiapkan infrastructure lab; melakukan instalasi perangkat 5G Core, Pusat Data, RU, dan HH sesuai skenario; mengkonfigurasidan mengintegrasikan perangkat sehingga berfungsi sebagaisatu sistem Open RAN berkoordinasi dengan vendor perangkat lunak dan perangkat keras; membuat skenario ujiatau demo; serta menjalankan tes atau demo sesuai skenario.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.