Creative Hub Ninja Xpress Fasilitasi Showcase Produk UKM

Ninja Xpress terus meningkatkan program pemberdayaan dan layanan customized solutions bagi UKM/shipper. Salah satunya melalui Creative Hub di Jakarta. Upaya ini turut mendukung arah kebijakan Kementerian Koperasi dan UKM RI agar Jakarta memperkuat perannya sebagai pusat showcase produk UKM yang ada di Jakarta dan dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan catatan Ninja Xpress selama Ramadan 2022, DKI Jakarta menjadi salah satu dari tiga daerah yang paling banyak mengirimkan paket. Besarnya potensi UKM/shipper di DKI Jakarta tersebut dikuatkan oleh data Badan Pusat Statistik yang mencatat, setidaknya terdapat 1.100.000 UMKM atau 98,78% dari seluruh jumlah usaha yang ada di DKI Jakarta pada 2021.

Meskipun banyak yang terkena dampak pandemi Covid-19, namun kini jumlah UKM DKI Jakarta terus naik. Pemprov DKI Jakarta bahkan mencatat, kini ada penambahan sekitar 200 ribu wirausaha baru.

Saat mengunjungi Creative Hub Ninja Xpress yang berlokasi di Cohive 101, Kuningan, Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress mengatakan, sejak hadir pada Januari 2020 hingga Juni 2022, lebih dari 1.000 shipper telah menggunakan layanan pengiriman paket melalui Creative Hub tersebut.

“Untuk membantu showcase produk UKM, lebih dari 13.000 produk UKM juga telah diambil foto dan videonya secara profesional,” katanya, Selasa (26/07/2022).

Tiga kategori produk yang paling banyak diambil foto dan videonya adalah fesyen, makanan, kesehatan dan kecantikan. Sementara itu, dua UKM yang paling banyak mengirimkan barang melalui Creative Hub di Jakarta adalah Antingz Bags, produk tas buatan tangan dan Greenville Farm ID, usaha agribisnis sayuran hidroponik.

Bobby Agus selaku Brand Owner Greenville Farm ID mengatakan, fasilitas Creative Hub Ninja Xpress menjadi solusi dari permasalah pihaknya karena telah memberikan ide-ide baru untuk pembuatan konten dan membantu penghematan biaya untuk melakukan produksi konten.

“Sebelumnya kami merasa stagnan dengan ide konten yang akan diproduksi, apalagi produk kami adalah sayuran hidroponik. Ketika menggunakan fasilitas Creative Hub, kami justru mendapat angle konten yang berbeda dan lebih bervariasi untuk digunakan di sosial media. Kami juga tidak perlu lagi menyediakan model dan make up sendiri sehingga lebih hemat biaya. Dengan tersedianya konten foto dan video yang lebih berkualitas, penjualan dari toko online kami naik 40%,” terangnya.

Untuk memfasilitasi showcases produk-produk UKM/shipper, Creative Hub juga membantu digitalisasi dengan memberikan dukungan: iklan online dan offline, pengambilan foto dan video profesional untuk pemasaran online, kerja sama dengan influencer/KOL di media sosial, bantuan pengelolaan media sosial, pengembangan situs web, dan penyelenggaraan events. Semua UKM/shipper yang bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress dapat memperoleh fasilitas tersebut secara gratis.

Layanan ini salah satunya dilatarbelakangi oleh laporan Suara UKM Negeri yang dirilis Ninja Xpress bahwa dalam hal pemasaran, sekitar 57% UKM mengharapkan bantuan untuk melakukan promosi menggunakan iklan Facebook atau Instagram dan sekitar 56% menginginkan bantuan penggunaan influencer untuk mempromosikan produknya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.