Beredar sebuah foto dengan narasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah mahasiswa untuk mendengarkan aspirasi rakyat terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Foto ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun twitter @M45Broo_ yang turut mengunggah foto dengan narasi tersebut, 16 September 2022. Berikut penampakannya:
 


Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Benarkah demikian?


Penelusuran:

Dari penelusuran kami, klaim bahwa foto itu memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah mahasiswa untuk mendengarkan aspirasi rakyat terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), adalah salah. Faktanya, foto itu tidak ada kaitannya dengan kenaikan harga BBM.
 

Foto itu memperlihatkan peristiwa pada awal Desember 2018. Kala itu, Jokowi menerima sejumlah mahasiswa di Istana Bogor, Jawa Barat.


“Presiden Joko Widodo alias Jokowi (keempat kanan) berbincang dengan peserta Konferensi Mahasiswa Nasional di Istana Bogor, Jumat, 7 Desember 2018. Pada pertemuan tersebut presiden menerima rekomendasi hasil konferensi mahasiswa nasional. ANTARA/Wahyu Putro A,” sebagaimana dimuat Tempo.co, Jumat 7 Desember 2018.

Sejumlah aksi unjuk rasa digelar mahasiswa di berbagai daerah, termasuk di Jakarta terkait kenaikan harga BBM pada September 2022. Namun sejuah ini, aksi ini belum diterima langsung oleh Presiden Jokowi.
 

[Cek Fakta] Foto Jokowi Terima Langsung Sejumlah Mahasiswa Dengarkan Aspirasi Rakyat soal Demo BBM? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:

Klaim bahwa foto itu memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah mahasiswa untuk mendengarkan aspirasi rakyat terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), adalah salah. Faktanya, foto itu tidak ada kaitannya dengan kenaikan harga BBM.
 

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 

Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 

Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 

[Cek Fakta] Foto Jokowi Terima Langsung Sejumlah Mahasiswa Dengarkan Aspirasi Rakyat soal Demo BBM? Ini Faktanya
 

Referensi:

https://foto.tempo.co/read/68879/gaya-jokowi-saat-temui-peserta-konferensi-mahasiswa-nasional

https://twitter.com/M45Broo_/status/1570695109326548992
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

(DHI)


Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.