Merdeka.com – Kabupaten Banyuwangi telah menjadi ikon balap sepeda nasional. Kali ini Banyuwangi dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda, Indonesian National Championship (INC) 2022, disiplin road dan sepeda gunung (MTB), 15 hingga 24 Juli 2022.

“Alhamdulilah, Banyuwangi kembali dipercaya menggelar kejuaraan nasional. Ini merupakan dukungan pusat kepada Banyuwangi untuk mengembangkan olahraga,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Rabu (13/7).

INC merupakan agenda rutin PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) untuk mendapatkan juara nasional dalam disiplin balap sepeda. Event ini hanya digelar setahun sekali, untuk mencari satu juara nasional untuk kategori putra dan putri.

Terdapat lebih dari 600 atlet dari 27 provinsi akan berpartisipasi dalam kejuaraan ini. Kejurnas Road dan MTB 2022 akan melombakan empat kelompok usia. Yakni, elite, U-23, junior, dan youth. Disiplin road akan terdiri atas tiga lomba, yakni individual time trial (ITT), individual road race (IRR), dan criterium. Sementara itu, nomor MTB melombakan cross-country eliminator (XCE), cross-country Olympic (XCO), cross-country relay (XCR), downhill, dan enduro.

“Bagi Banyuwangi, kejurnas ini bukan hanya sekadar event olahraga saja. Namun akan turut mendongkrak perekonomian masyarakat. Ratusan bahkan ribuan orang akan datang ke Banyuwangi karena kejuaraan ini, sehingga akan berdampak pada ekonomi masyarakat,” kata Ipuk.

Sebelumnya, lada tahun ini Banyuwangi juga telah menggelar ’Ijen Erek-Erek Enduro 2022″, balap sepeda MTB di Erek-Erek Bike Park, di lereng Gunung Ijen, Banyuwangi, 25-26 Juni 2022. Banyuwangi juga rutin setiap tahunnya menggelar balap sepeda internasional, Tour de Ijen dan International BMX competition.

Berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara, hingga 12 Juli, untuk kategori Road Race diikuti 273 atlit, dari 26 Provinsi, di 39 nomor perlombaan. Sementara Kejurnas MTB bakal diikuti 250 atlit, dari 17 Provinsi, di 29 nomor perlombaan. Jumlah tersebut masih bisa terus bertambah hingga penutupan pendaftaran, 13 Juli.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi Abdul Aziz Hamidi mengatakan, saat ini telah banyak peserta yang berdatangan di Banyuwangi. “Sejak 11 Juli sudah banyak peserta yang telah datang ke Banyuwangi. Mereka telah menempati hotel dan penginapan di Banyuwangi. Mereka juga telah mencoba track yang akan digunakan dalam Kejurnas ini,” kata Aziz.

Banyak pembalap nasional akan berpartisipasi dalam Kejurnas ini. Salah satu pembalap yang datang adalah Zaenal Fanani, peraih medali emas Sea Games 2021 kelas MTB Cross Country Olympic. Zaenal merupakan pembalap kelas XC dan telah menjajal lebih awal sirkut MTB Cross Country Agathis di Desa Banjar, Kecamatan Licin

Untuk venue individual time trial akan digelar di Jajag, Kecamatan Gambiran. Sementara Criterium dan individual road race start dari Kantor Pemkab Banyuwangi dan finish di Pabrik Kalibendo, Kecamatan Glagah.

Venue MTB Cross Country (XCC, XCR, XCO,XCE) akan digelar di Dusun Rembang, Banjar, Kec. Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk downhill di Gantasan Bike Park, Dusun Jambu, Tamansari, Kecamatan Licin. Sementara venue enduro di Erek – Erek Bike Park, Jalan Kawah Ijen, Kecamatan Licin.

Erek-Erek Bike Park dikenal sebagai lokasi ideal bagi para penghobi sepeda gunung (MTB Enduro). Sirkuit ini dikenal memiliki trek alami penuh rintangan. Para pembalap disuguhi varian rintangan, dari tanjakan, trek menurun, tikungan tajam, hingga trek terjal bebatuan dan penuh akar pohon saat melewati perkebunan kopi dan belantara.

Ketua ISSI Banyuwangi Guntur Priambodo mengatakan, sebagai tuan rumah Kejurnas Banyuwangi sudah siap. Beberapa ruas jalan rusak yang akan dilewati pembalap sudah diperbaiki. “Dalam event kali ini kita libatkan semua stakeholder untuk bersama-sama menyukseskan gelaran kejurnas balap sepeda,” kata Guntur.

[hrs]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.