Jakarta: Timnas Malaysia U-19 menang telak dengan skor 3-0 atas Vietnam pada semifinal Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu, 13 Juli. Dengan begitu, Malaysia berhak melaju ke laga pamungkas.
 
Seperti dilansir Antara, Malaysia sejatinya hanya unggul 1-0 pada babak pertama melalui gol Adam Farhan. Namun, mereka mampu memanfaatkan peluang lebih baik pada babak kedua dan menambah sepasang gol lewat Muhammad Haiqal Haqeemi Hairi dan Mohammad Haykal Danish.
 
Kemenangan ini mengantarkan Malaysia untuk tampil di partai final pada Jumat 15 Juli mendatang untuk melawan pemenang dari laga semifinal lainnya yang mempertemukan Laos dengan Thailand. Meski demikian, Vietnam masih memiliki satu jadwal pertandingan untuk memperebutkan tempat ketiga.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jalannya Pertandingan
 
Kedua tim bermain dengan tempo sedang pada babak pertama. Vietnam maupun Malaysia sesekali melancarkan serangan, namun belum ada peluang yang membahayakan pada lima menit pertama.
 
Selanjutnya, Vietnam mendominasi jalannya pertandingan, namun solidnya lini pertahanan dari Malaysia membuat skuad asuhan Dinh The Nam belum dapat memberikan ancaman.
 
Meski tertekan, Malaysia mampu unggul lebih dulu  melalui tendangan terukur Adam Farhan pada menit 25 yang memanfaatkan sapuan kurang sempurna lini pertahanan Vietnam. Skor lantas berubah menjadi 1-0.
 
Vietnam terus melancarkan serangan pada sisa waktu babak pertama, sedangkan Malaysia mampu tampil disiplin untuk mempertahankan keunggulan tipis 1-0 hingga turun minum.
 
Pada babak kedua, Vietnam mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu demi menyamakan kedudukan, tetapi lini pertahanan Malaysia tetap kokoh.
 
Vietnam sempat memiliki peluang emas lewat sundulan penyerang Nguyen Quov Viet pada menit ke-55, tapi para pemain bertahan Malaysia masih sigap untuk mematahkan peluang tersebut.
 
Tidak lama kemudian, Quoc Viet kembali mengancam lini pertahanan Malaysia dengan menusuk ke kotak penalti, namun tendangannya gagal menemui sasaran atau masih melambung ke atas mistar gawang kiper Syahmi Adib.
 
Menginjak menit ke-70, malah Malaysia yang dapat menggandakan keunggulan melalui gol Muhammad Haiqal Haqeemi Hairi yang memanfaatkan umpan tarik Muhammad Haqimi Azim Rosli.
 
Vietnam yang keasyikan menyerang kembali kecolongan pada menit ke-88 lewat gol pemain pengganti Malaysia Mohammad Haykal Danish dalam skema serangan balik. Dengan begitu, Harimau Malaya keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0. (ANT)
 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.