Jakarta: Menurut beberapa studi, kacang almond dipercaya efektif meningkat daya ingat. Bukan hanya itu, almond juga dikenal kaya akan semua vitamin esensial, mineral, protein, serat, dan apa pun yang terkait dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk untuk perawatan kulit. 

Dalam dunia kecantikan, minyak almond sering dijadikan sebagai bahan dasar beberapa produk perawatan kulit. Mulai dari sabun cuci muka, pelembap, serum hingga masker. 

Berikut adalah lima manfaat almond oil untuk perawatan wajah yang perlu kamu ketahui: 

 

1. Anti-aging

Jika kamu membuat masker wajah dengan mengombinasikan madu, minyak almond dan jus lemon dalam jumlah yang sama, ini dapat membantu melawan tanda-tanda awal penuaan. Gunakan masker wajah sederhana ini dua kali seminggu untuk mengurangi kerutan dan meremajakan kulit.
 

2. Obat jerawat

Kacang almond kaya akan asam lemak yang dapat berkontribusi untuk menenangkan kulit berjerawat, komedo hitam maupun komedo putih serta mengurangi ruam. Oleh karena itu, jika dioleskan secara rutin pada wajah dapat mengatasi segala permasalahan kulit yang sering disebabkan oleh kotoran dan minyak yang terperangkap di pori-pori kulit.

Anti-aging dan Pelembap Alami, Ini 5 Manfaat Almond Oil untuk Kecantikan

(Almond dikenal kaya akan semua vitamin esensial, mineral, protein, dan serat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Pelembap alami 

Bersihkan wajahmu secara menyeluruh dan tuang setetes minyak almond lalu balurkan ke seluruh wajah. Pijat dengan lembut ke arah atas termasuk area mata. Ini tidak hanya akan membuat kulit lebih halus tapi juga meningkatkan elastisitasnya. 
 

4. Mengurangi lingkaran hitam (mata panda)

Karena bersifat anti-inflamasi dan antioksidan, almond juga dapat mencerahkan lingkaran hitam dan mengurangi bengkak di bawah mata. Selain itu, juga mengandung retinol, vitamin E, dan vitamin K yang dapat membantu menjaga kulit halus di bawah mata, sehingga kulit terhidrasi dan terasa halus. 

Kamu dapat menggunakan minyak almond atau krim almond untuk perawatan lingkaran hitam di bawah mata. Untuk membuat krim, rendam almond dalam air dan haluskan (blender). Oleskan di sekitar mata dan biarkan semalaman lalu cuci di pagi hari.

 

5. Menghapus riasan

Minyak almond berfungsi sebagai penghapus riasan alami. Kamu dapat menuangkan beberapa tetes minyak almond ke kapas lalu dengan lembut menyeka wajah dan mata untuk menghapus riasan. Ingat, lakukan perlahan ya!
(yyy)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.