Merdeka.com – Perusahaan-perusahaan teknologi besar China, seperti Alibaba dan Tiktok, menyerahkan data algoritmanya kepada pemerintah. Langkah ini dilakukan melalui kerja sama pemerintah dan perusahaan-perusahaan tersebut sebagai upaya untuk mengekang penyalahgunaan data.

Terdapat perbedaan dari data algoritma yang diserahkan oleh perusahaan Taobao milik Alibaba dan Douyin (Tiktok versi China). Bagi Taobao, penyerahan data algoritma kepada pemerintah adalah melalui “rekomendasi produk atau layanan kepada pengguna melalui jejak digital dan data pencarian historis mereka”.

Sedangkan bagi Douyin, data algoritma yang diserahkan kepada pemerintah RRT adalah melalui “minat pengguna dari apa yang mereka klik, komentari, suka atau tidak suka”.

Dilansir BBC, Rabu (17/8), penyerahan data algoritma oleh perusahaan-perusahaan teknologi kepada pemerintah China ini diwarnai berbagai tanggapan. Beberapa pihak menyatakan penyerahan data ini merupakan upaya pemerintah China untuk dapat mengendalikan masyarakatnya hingga upaya pemerintah China agar teknologi mereka tidak jatuh ke tangan negara lain. Tujuan untuk mengekang penyalahgunaan data akhirnya hanya menjadi alasan umum.

Seperti yang diketahui, selama dua tahun belakangan ini, pemerintah China gencar mengendalikan sektor teknologinya. Pemerintah Negeri Tirai Bambu pun sering melakukan tindakan-tindakan untuk dapat mengendalikan penduduknya dengan tujuan agar mereka hanya dapat mengakses informasi atau konten yang pemerintah China inginkan saja.
Hal ini dikarenakan China adalah negara dengan pengguna internet terbesar di dunia dan pemerintah pun tidak ingin agar penduduk mereka dipengaruhi oleh hal-hal asing.

Reporter Magang: Theofilus Jose Setiawan [pan]

Baca juga:
Cegah Penyebaran Covid-19, Petugas Medis China Tes Swab Ikan Hidup dan Kepiting
Mantan Petinggi Partai Komunis China Dihukum Mati karena Suap
Siaga Lawan China, Taiwan Lengkapi Jet F-16 Viper dengan Rudal Mematikan
Penelitian Ungkap Berapa Jumlah Korban Tewas jika Terjadi Perang Nuklir AS-China
Ilmuwan China Temukan Cara untuk Memperbesar Sel Otak
RI Perlu Waspadai Ketegangan China-Taiwan Pengaruhi Sektor Perdagangan
China Sita Ribuan Peta Tanpa Wilayah Laut China Selatan yang Diklaim
China Luncurkan Kereta Mengambang di Udara Tanpa Listrik, Ini Rahasianya


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.