Jakarta: Desakan Indonesia agar keluar dari Federasi Sepak Bola ASEAN, AFF, semakin deras. Hal ini merupakan buntut dari kekecewaan fans tanah air karena timnas Indonesia U19 gagal lolos ke babak semifinal Piala AFF U19.
 
Pasukan Shin Tae-yong menang telak 5-1 pada laga terakhir babak grup kontra Myanmar yang digelar Minggu, 10 Juli, namun Indonesia tetap tersingkir usai hasil imbang antara Vietnam vs Thailand dengan skor 1-1.
 
Pertandingan antara Vietnam vs Thailand menjadi sorotan netizen karena keduanya dianggap telah bermain mata demi mengamankan tiket ke babak selanjutnya. Thailand dan Vietnam sama-sama mengoleksi 11 angka dari lima laga. Indonesia juga mengantongi 11 poin dengan keunggulan produktivitas gol, Indonesia harus tersingkir karena AFF menerapkan aturan head to head, bukan jumlah gol.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AFF Bakal Gigit Jari Andai Ditinggal Timnas Indonesia, Ini Fakta-faktanya
 
Pertandingan Vietnam vs Thailand juga dinilai tidak sportif. Kedua negara tersebut memainkan sepak bola gajah alias ‘main sabun’ demi mengamankan tiket ke babak selanjutnya.
 
Saat skor 1-1, baik Thailand maupun Vietnam terlihat sama-sama tidak ingin menyerang hanya bermain umpan-umpan pendek di area pertahanan. 
 
Kesal dengan AFF yang tidak mengambil sikap, pencinta sepak bola tanah air meminta PSSI segera keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF). 
 
“Demi harga diri bangsa keluar aja timnas dari AFF, toh event ini nggak diakui FIFA jadi nggak akan rugi kita,” ujar seorang netizen.
 
“Kalau kita keluar dari kompetisi AFF, FIFA nggak akan nge-banned Indonesia. Karena kompetisi AFF diluar regulasi FIFA. (Kompetisi non resmi),” timpal netizen lain.
 
“Keluar saja dari AFF, selain regulasi yang merugikan dan tidak termasuk dalam agenda FIFA, malah membuat banyak pemain cidera serta tidak bertambahnya ranking FIFA,” komentar salah satu akun.
 
“AFF Mafia, mending keluar dari AFF dan mereka akan rugi besar,” tulis akun lainnya.

AFF bakal merugi

Apabila Indonesia memang memutuskan untuk keluar dari keanggotaan AFF, maka kompetisi negara-negara Asia Tenggara tersebut bisa dipastikan bakal merugi. 
 
Pasalnya, fans timnas Indonesia sejauh ini adalah yang terbesar dibandingkan negara-negara lain di ASEAN. Bahkan sejauh ini, Indonesia masih diklaim menjadi negara dengan kontribusi besar dalam penjualan tiket, hak siar, hingga merchandise. 

 

Halaman Selanjutnya

Selain itu, Piala AFF juga…

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.